5.000 Unit Rumah Sederhana Dibangun Untuk Rakyat Kecil

JOGJA (jurnaljogja) – Sebanyak 5.000 unit rumah sederhana siap dibangun untuk masyarakat golongan menengah ke bawah di DI Jogjakarta (DIJ) berpenghasilan di bawah Rp 4 juta per-bulan.
   Direktur Utama PT Dewi Sri Sejati, Alim Subyantara menjelaskan, pihaknya pada tahap pertama baru akan membangun 600 unit rumah. Itu nantinya akan ditawarkan bagi mereka yang  ingin memiliki rumah sederhana dengan harga dan cicilan terjangkau per-bulannya. Dengan tenggang waktu pembayaran hingga 20 tahun serta bunga 5 persen. “600 unit rumah sederhana dengan subsidi pemerintah ini baru akan kita bangun pada September nanti,” katanya di Yogyakarta, Senin (25/4).
Menurut dia, rumah sederhana tipe 30 itu nantinya akan ditawarkan seharga Rp 116.500.000 per-unit, dengan uang muka Rp 11.600.000 (10 persen). Luas lahan per-unit sekitar 60 meter persegi, dengan lebar muka 6 meter dan panjang 10 meter. Rumah tipe ini terdiri dua kamar dan masih disediakan ruang untuk dibangun dapur. “Kita berusaha bantu karena banyak rakyat kecil yang belum punya rumah sendiri,” kata Alim.
Perumahan sederhana yang dinamai Godean Jogja Hills ini nantinya siap dibangun di kawasan Godean, Sleman-DIJ.”Aturan pemerintah untuk rumah sederhana bagi masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp 4 juta per-tahun,” jelasnya.
Alim menyebutkan, sebelum pembayaran pertama bagi calon pembeli rumah sederhana pada Mei 2016, sudah ada 400 calon pembeli yang sudah mendaftar. Daya tarik perumahan sederhana ini diakui cukup tinggi karena lokasi tak begitu jauh dari Kota Jogja. Meski termasuk kategori perumahan sederhana, namun di kawasan perumahan tersebut nantinya akan difasilitasi kolam renang dan taman bermain bagi anak-anak. (bam)
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan