6 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Apakah Anda menginginkan kondisi kesehatan terjaga dengan baik? Salah satu cara yang dapat kita lakukan, yaitu dengan mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang sehat sebelum tidur:

1. Mandi

mandi

Suhu tubuh sangat penting dalam mengatur tidur kita. Mandi pada malam hari dapat membantu proses tersebut. Pilih air hangat yang dapat  membuat kita merasa lebih santai. Air hangat juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

2. Bermeditasi

meditasi

Lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran sebelum tidur. Meditasi memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Cobalah lakukan hal ini dan lihat efeknya pada esok hari.

3. Jurnal

menulis

Sulit terlelap? Cobalah untuk menulis. Penelitian menunjukkan menulis sesuatu yang menyenangkan, dapat membantu membersihkan pikiran kita. Tak hanya itu, menulis juga dapat meningkatkan kekuatan pikiran kita.

4. Menyikat gigi

menyikat-gigi

The American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Jika tidak plak dan bakteri dapat tumbuh dengan cepat. Hal itu tentu akan membuat napas yang tak sedap dan membahayakan kesehatan mulut kita.

5. Mejauhkan segala perangkat elektronik

no-gadgets

Studi menunjukkan cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone, laptop, dan TV dapat mengganggu siklus tidur kita. Bahkan, beberapa menit menggunakan smartphone sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur kita.

Untuk itu, cobalah jauhkan segala gadget dari ruang tidur . Bagi kita yang menggunakan smartphone sebagai alarm, sebaiknya mengubah kebiasaan tersebut. Kita dapat menggantinya dengan alarm jam.

6. Makanlah secara ‘pintar’

ngemil

Tak sedikit yang mengatakan, bahwa makan sebelum tidur berdampak buruk bagi kesehetan. Tapi, beberapa makanan ringan justru dapat mengantarkan kita pada tidur yang berkualitas. Bahkan, makan sebelum tidur dapat membantu untuk mengatur gula darah kita. Kita dapat memilih kiwi sebagai snack di malam hari. Penelitian juga menunjukkan, buah tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Sumber : Kompas




CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan