Alumni Award UMY Bagi yang Berprestasi

IMG_1815

JOGJA – Untuk kali kedua, UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) memberikan penghargaan bagi alumninya yang berhasil memberi perubahan yang baik untuk lingkungan sekitarnya, di kampus setempat, Jumat (3/5) malam. Ajang tahunan pemberian penghargaan ini bernama ‘Alumni Award’.

Para penerima Alumni Achievement Awards, akademisi dan aktivis Muhammadiyah di NTB H Falahuddin SAg MAg, sutradara film Yuda Kurniawan SIP, direktur PT Wahana Arta Mas (WAM Group) Muhammad Akbar ST, aktivis lingkungan dr Bintari Wuryaningsih SE, pengusaha pemilik Bahana Batik Erwin Yuniati SH, birokrat dan aktivis lingkungan Dr H Aready SE MSi, birokrat dan pelaku penyiaran Lukmanawati Rahayu SP.

Seorang lagi penerima Alumni Outstanding Award, diplomat Dr Lalu Muhammad Iqbal, yang sekarang menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Turki.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Hilman Latief MA PhD menjelaskan, terdapat beberapa alasan yang mendasari diadakannya ajang pemberian penghargaan bagi alumni. “Untuk mempererat hubungan antara kampus dengan alumni, ingin memberikan penghargaan bahwa kontribusi yang mereka lakukan secara tidak langsung mengharumkan nama UMY.”

Pun, imbuh Hilman, ingin memberikan inspirasi kepada para mahasiswa aktif dengan melihat perjuangan dan hasil yang telah dilakukan oleh alumninya. Keempat ialah untuk mendorong berbagai Program Studi (Prodi) untuk melakukan deteksi terhadap alumninya yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, menjalin komunikasi yang baik antara pihak kampus dengan alumni memberikan dampak yang sangat baik terkait berbagai hal. Salah satunya, memberikan semangat bagi mahasiswa untuk menekuni minat yang dimilikinya. Juga, menjadi salah satu indikator sebagai perguruan tinggi yang baik.

“Banyak sekali alumni yang dimiliki UMY dan mereka telah terjun ke masyarakat dengan bergam kemampuan yang dimiliki. Ada yang menjadi politisi, aktivis lingkungan, pendakwah, sutradara, dan sebagainya. Dari situ bisa kita jadikan lecutan bagi para mahasiswa untuk semangat belajar dari orang-orang yang berkompeten itu,” tutur Hilman.

Sebagai orang yang menggagas kegiatan Alumni Award di UMY, Hilman memiliki cara atau langkah-langkah yang tepat untuk mendapatkan informasi mengenai alumni UMY yang berhak masuk dalam nominasi, yaitu bekerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) dan setiap orang juga bisa memasukkan nama alumni yang berprestasi melalui laman resmi alumniawards.umy.ac.id.

“Siapa pun bisa masuk dalam nominasi untuk meraih penghargaan. Bukan hanya orang terkenal, bukan orang yang sudah menjadi public figure. Siapa pun yang memiliki kontribusi bagi masyarakat, walau dia tidak setenar nama-nama lainnya, jika memiliki pengaruh akan tetap masuk. Dalam hal ini siapa saja boleh mengusulkan nama untuk menjadi nominasi peraih penghargaan, tentu dengan syarat yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Kegiatan Alumni Award juga menjadi salah satu program UMY untuk menjalankan program internasionalisasi menuju International Reputable University & ASEAN Leading University dengan cara mempublikasikan alumni yang memiliki peran penting pada tingkat nasional maupun internasional. Kemudian alumni-alumni itu akan didorong untuk selalu memberikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa Indonesia. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan