Alumni UAD Jangan Bermental Buruh

IMG_20160824_161017Anggoro Rulianto/Jurnal Jogja

Wisudawan terbaik I dan II UAD.

JOGJA – Entrepreuner jangan hanya dipahami sebagai usahawan. Tapi sebagai cara hidup atau gaya hidup, mindset, dan world view sehingga bekerja apa pun, termasuk yang mau studi lanjut harus memiliki jiwa entrepreuner.
“Lulusan pendidikan tinggi tak boleh memiliki mental buruh, hanya ingin menjadi pegawai negeri, kurang mau dan mampu menciptalan lapangan kerja,” ujar Ketua Badan Pembina Harian UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Jogjakarta, Prof Dr H Sutrisno, pada wisuda UAD, di gedung JEC (Jogja Expo Center), akhir pekan kemarin.
Menjadi usahawan, menurut Sutrisno, pun merupakan peluang paling menjanjikan meski tidak mudah dicapai. Mengutip pendapat konglomerat Ir Ciputra, ada tiga kompetensi entrepreuner sukses, meliputi wawasan, kreatifitas, dan inovasi.
Rektor UAD Dr Kasiyarno MHum mengemukakan, wisuda diikuti 1.056 orang lulusan dari 30 prodi S1 dan enam prodi S2, dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) rata-rata 3,33 atau naik 0,09 persen dari periode wisuda sebelumnya. Dengan demikian, alumni UAD berjumlah 37.892 orang.
Wisudawan S1 dengan kelulusan tercepat 3 tahun 5 bulan 17 hari diraih Evin Suci Mardani dari prodi Farmasi dengan IPK 3,54. Wisudawan termuda Rakhmatul Ummah dari prodi Pendidikan Fisika dengan IPK 3,41 yang lulus pada usia 20 tahun 5 bulan 7 hari.
Wisudawan terbaik tercatat atas nama Dewi Maryam dari prodi Sastra Inggris dengan IPK 3,97. Bukan hanya memiliki nilai akademik fantastik, ia pun sangat aktif di luar kelas, antara lain sebagai anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).
Terbaik kedua, Vertri Tri Wahyuni dari prodi Ilmu Hukum dengan IPK 3,95. Di luar kelas ia aktif di komunitas ‘Peradilan Semu’. Pun kegiatan yang menunjang hobinya, komunitas sepatu roda. “Saya sempat ingin keluar dari UAD saat semester pertama karena merasa prodi yang saya masuki tak sesuai cita-cita. Tapi urung karena pola pembelajaran di UAD mampu membuat saya optimal mendalami ilmu hukum,” tuturnya. (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan