Animasi Tak Harus Mahal, Ternyata

Yuhan Fauzan (kiri) dan Adi Paradika

Yuhan Fauzan (kiri) dan Adi Paradika

JOGJA – Sudah saatnya di era digital ini perusahaan, besar maupun kecil, mempromosikan produk ataupun profil perusahaannya melalui karya video animasi. Mahal, memang. Tapi, kini sekelompok anak muda di Jogja mampu membuktikan membuat karya video promosi animasi itu bisa sederhana dan murah.

“Persepsi yang berkembang selama ini mengatakan animasi itu mahal. Tapi, ternyata animasi itu tak harus mahal. Kami bisa membuktikan,” ungkap CEO Animasi Studio, Yuhan Fauzan, di sela melayani pengunjung pada sebuah ajang pameran, di gedung JEC (Jogja Expo Center), Jogjakarta, Minggu (2/12).

Bersama kawan-kawannya, praktis Yuhan baru mengembangkan usaha atau jasa pembuatan video animasi itu selama dua bulan terakhir. “Meski begitu, internet dan media sosial memang sangat membantu. Sudah tiga BUMN besar memanfaatkan jasa kami. Belasan yang sudah memesan. Dan ribuan pengunjung yang menengok laman kami setiap harinya,” jelasnya kemudian.

Jika biasanya pembuatan video animasi untuk iklan maupun profil perusahaan memerlukan biaya belasan hingga puluhan juta rupiah, di tangan Yuhan dan kawan-kawan hanya memerlukan Rp 1,5 juta saja untuk durasi sekitar dua menit.

“Kami telah memiliki cara hingga pembuatan animasi bisa jauh lebih murah. Bahkan saat ini kami telah memiliki enam belas model animasi yang bisa dimanfaatkan klien,” ungkap Yuhan, pucuk pimpinan sekaligus pemilik usaha startup itu.

Bahkan pada Januari mendatang, Animasi Studio sudah berancang-ancang akan mengembangkan model mereka menjadi 32 pola. “Karena sudah ada modelnya, tinggal kemudian kami memasukkan konten-konten sesuai pesanan klien. Itu salah satu yang bisa membuat animasi tidak mahal,” tutur Yuhan sedikit membuka rahasia perusahaannya.

Seiring perkembangan dunia internet maupun media sosial yang sering dipenuhi ujaran kebencian, hoax, dan hal negatif sejenisnya, Animasi Studio pun menggagas program untuk melawan itu semua. “Kami menawarkan program Untuk Indonesia Baik, terutama untuk generasi muda saat ini,” jelas Technical Supervisor Animasi Studio, Adi Paradika.

Ada tiga slogan yang mereka tawarkan, masing-masing Aku Anti Hoax, Indonesia Damai, dan Stop KKN. “Setiap anak muda yang berpartisipasi, namanya akan kami cantumkan. Ini semua agar generasi penerus bangsa ini tak semakin terjerumus pada hal-hal yang tidak baik,” tandas Adi. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan