Aplikasi Biaya Rumah Sakit Secara Cepat

Sukma - Magister Teknik Informatika PPs FTI UII (1)Sukma Puspitorini

JOGJA – Mengetahui besar beaya di tengah tindakan rawat inap di rumah sakit seringkali menjadi hal penting. Saat ini tengah dikembangkan sebuah aplikasi komputer sehingga hanya dengan satu klik bisa segera diketahui prakiraan tingkat keparahan penyakit sekaligus beaya yang harus dikeluarkan seorang pasien rawat inap di rumah sakit.

“Tentu aplikasi ini nantinya dIharapkan akan mempermudah petugas rekam medik, atau petugas pelayanan di rumah sakit saat ditanya keluarga pasien tentang prakiraan beaya rawat inap. Dengan kata lain, mempermudah keluarga pasien ketika hendak mengetahui prakiraan beaya yang harus ditanggung,” jelas mahasiswa Informatika Medis, Magister Teknik Informatika Pascasarjana FTI UII, Yogyakarta, Sukma Puspitorini, selaku pengembang aplikasi tersebut, di kampus setempat, Senin (27/6).

Guna pengembangan aplikasi tersebut, Sukma telah mengambil sampel 1.000 data kasus penyakit di rumah sakit tipe B, RSUD Raden Mataher, Jambi dan rumah sakit tipe C, RSUD dr R Soeprapto, Cepu. “Sampel yang saya gunakan mencakup tingkat keparahan untuk kasus penyakit hipertensi, stroke, dan diabetes mellitus tipe 2 atau non insulin,” katanya.

Dengan hanya memasukkan data usia pasien, diagnosis utama, diagnosis sekunder 1, dan diagnosis sekunder 2, akan bisa segera diketahui prakiraan beaya rawat inap yang harus ditanggung hingga akhir perawatan pasien tersebut. “Aplikasi ini tidak serumit aplikasi yang sudah ada sehingga untuk mengetahui prakiraan beaya pun akan jauh lebih cepat,” tegas Sukma.

Dengan tingkat kesalahan 97,2 persen, Sukma meyakini, aplikasi yang tengah ia kembangkan tersebut akan sangat mempermudah petugas pelayanan di rumah sakit. “Paling tidak, begitulah pengakuan beberapa petuga di dua rumah sakit yang saya ambil sampel datanya. Mereka mengaku tak akan kewalahan lagi ketika keluarga pasien menanyakan kemungkinan besaran beaya yang harus mereka tanggung,” paparnya kemudian. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan