Audisi Gelombang Pertama Duta Museum DIY 2016

Duta museum

Bambang Sugiharto/jurnaljogja

Suasana audisi Duta Museum DIY 2016.

JOGJA (jurnaljogja.com) – Sebanyak 47 peserta mengikuti audisi gelombang pertama pemilihan Duta Museum DIJ 2006 di Sekretariat Pemilihan Duta Museum setempat, Kamis (30/6). Dalam kesempatan itu digali potensi peserta terkait dengan museum dan passion permuseuman.
Kepala Bidang Museum Dinas Kebudayaan DIJ, Dra Th Yohanna Kuswardani  menyampaikan bahwa  tahun ini kesempatan untuk mengikuti pemilihan Duta Museum DIJ secara lebih luas dari sisi umur kepesertaan, yaitu di kisaran 21 – 40 tahun. Namun demikian akan tetap dipilih duta  yang memiliki passion di bidang permuseuman.
Menurutnya, pemilihan Duta Museum DIYJ tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena pada tahun ini akan dipilih tiga pasang putra dan putri terbaik yang akan dinobatkan menjadi duta, sekaligus menjadi PR dan marketer museum di DIJ. “Untuk penobatannya sendiri direncanakan  pada  27 Agustus  mendatang di Hotel Grand Aston Jogjakarta,” katanya.
Ia meyakini, potensi museum DIJ yang beragam akan mendapatkan perhatian khusus dari semua calon peserta. “Kami  sangat berharap ke depan museum dapat menjadi daya tarik wisata unggulan di DIJ,” harapnya.
Runner-up I Duta Museum DIJ 2015,  Nusieta Ayu Primadian mengakui, pemilihan duta museum tahun ini bukan seperti duta-duta umumnya yang semata-mata menonjolkan aspek-aspek kecantikan atau ketampanan. Namuni lebih ke motivasi dan apa yang dapat diberikan pada pengembangan museum di DIJ. Nusi sendiri menyatakan, kecintaannya terhadap museum bukan sesuatu yang muncul begitu saja dan tiba-tiba,  namun melalui sebuah proses panjang. Harapannyai terhadap Duta Museum DIJ tahun ini agar mereka lebih menciptakan kegiatan-kegiatan yang positif untuk menanamkan kecintaan masyarakat, terutama di kalangan muda terhadap museum.
Penyelenggaraan pemilihan duta museum DIJ tahun ini memperebutkan total hadiah Rp.156.600.000  dan tropi. Kegiatan diawali dengan tahapan audisi dan penjurian awal, seleksi dan diakhiri dengan penobatan duta museum. Pendaftaran bersifat gratis, dengan melengkapi  beberapa persyaratan administrasi serta mebuat essay tentang museum. Pendaftaran secara online dibuka sampai 28 Juli nanti. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan