Beasiswa Chevening untuk Studi S2

inggris
JOGJA – Tim Beasiswa Chevening dari Kedutaan Inggris Jakarta mengunjungi DIY, Jumat (5/10), untuk mempromosikan program beasiswa Chevening. Tim memberikan presentasi di UGM dan pemerintah setempat untuk mengajak masyarakat Jogjakarta mendaftarkan diri.

“Sebagai salah satu pusat pendidikan di Indonesia, kami berharap dapat menemukan banyak talenta di Jogjakarta, dengan banyak pendaftar yang sesuai untuk Chevening,” ujar Digital & Media Manager British Embassy Jakarta, Feby Lutfiannisa, dalam siaran persnya, seraya menjelaskan, waktu pendaftaran beasiswa Chevening tahun 2019/2020 ini telah dibuka sejak 6 Agustus hingga 6 November 2018 melalui www.chevening.org/apply.

Beasiswa Chevening merupakan program global dari pemerintah Inggris didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (Departemen Luar Negeri dan Persemakmuran) serta mitra organisasi lainnya. Beasiswa ini mendanai studi di universitas Inggris, untuk studi S2 selama satu tahun, bagi individu yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan, pembuat kebijakan, dan pembentuk opini. “Beasiswa ini mendanai biaya hidup maupun studi di Inggris,” kata Feby.

Chevening dimulai pada 1983 dan telah berkembang menjadi beasiswa internasional bergengsi. Penerima beasiswa berasal lebih dari 160 negara di dunia, di luar Amerika Serikat dan Uni Eropa, dan sudah lebih dari 1.600 beasiswa yang diberikan pada tahun 2018/2019.

Inggris merupakan negara terdepan dalam hal pendidikan tinggi dan menjadi rumah dari universitas-universitas terbaik dunia. Sebelas universitas di Inggris masuk ke dalam peringkat 100 universitas teratas di dunia. Oxford dan Cambridge tercatat sebagai dua peringkat teratas dunia tahun ini.

Setelah menyelesaikan studi mereka, para penerima beasiswa akan tergabung ke dalam jaringan Alumni Chevening bersama 50.000 alumni lainnya, terdiri dari orang-orang yang berhasil dan berpengaruh di bidangnya serta di jaringan global. “Nama Chevening berasal dari Chevening House di Sevenoaks, Kent yang saat ini menjadi kediaman resmi Menteri Luar Negeri Inggris,” tutur Feby kemudian.

Beberapa mitra sponsor program Chevening di Indonesia di antaranya PT Prudential Life Assurance, HSBC, University of Warwick, Coventry University, De Montfort University, CIMB Niaga, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Chevening Officer di Rowena.Rompas@fco.gov.uk atau bagian Media and Communications di Feby.Lutfiannisa@fco.gov.uk. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan