Berkebaya, Cerpenis Bacakan Karyanya di Tembi

JOGJA (jurnaljogja.com) – Mengenakan kostum khas perempuan Jawa, lima cerpenis tampil dalam Sastra Bulan Purnama (SBP) edisi ke-56 di Tembi Rumah Budaya, Bantul, Senin (23/5) malam. Dalam kesempatan itu dilaunching antologi cerpen ‘Pulang Ke Kotamu’.
Tampil mengenakan kebaya, kelima cerpenis itu seolah rindu dengan kota yang selama itu pernah mereka tinggali. Kelima cerpenis malam itu, Ardi Susanti dari Tulungagung, Diah Rofika dari Bekasi, Ristia Herdiana dari Jakarta, Selsa dari Temanggung dan Endah Raharja dari Jogjakarta.
Koordinator SBP, Ons Untoro menjelaskan, mereka yang tampil membacakan cerpen itu para cerpenis yang karyanya diterbitkan dalam bentuk antologi berjudul ‘Pulang Ke Kotamu’. Satu cerpenis lainnya, Umi Kulsum tampil sebagai pembawa acara sehingga tidak membaca karyanya. “Rasanya mereka bukan sekadar pulang kampung secara fisik, melainkan sekaligus pulang secara kultural. Kebaya yang dikenakannya adalah tanda dari kepulangannya,” tutur Ons di sela pentas pembacaan cerpen.
Dalam SBP malam itu para cerpenis tidak membaca cerpen secara utuh, melainkan diambil bagian yang menarik agar memberi surprise pada penonton. Sebab kalau cerpennya panjang dan semua membaca satu judul secara penuh, akan memakan waktu lama. Bahkan, ada yang membacanya cerpen secara lompat-lompat karena dipilih bagian-bagian yang menarik, seperti dilakukan cerpenis Ristia.
Antologi cerpen Pulang Ke Kotamu setebal 154 halaman ini memuat 16 cerpen karya 8 cerpenis perempuan dari beberapa kota, seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Tulungagung, Temanggung dan Jogjakarta. Selain penulis cerpen, mereka juga menulis puisi, beberapa di antaranya sudah menerbitkan novel.
Tak ada yang tampil spontan, bahkan ada yang membaca cerpen secara duet, seperti dilakukan cerpenis Endah Raharjo dan Flora. Endah ingin cerpennya memiliki jiwa ketika ditampilkan sebagai pertunjukan. Sedangkan Ardi Susanti yang mengaku baru kali pertama membaca cerpen, seperti tidak bisa membedakan antara membaca cerpen dengan puisi. Sehingga seringkali lupa memerankan tokoh dalam cerpennya.
Ons menjelaskan, Pulang Ke Kotamu merupakan salah satu judul karya Diah Rofika.  Mengawali acara dialunkan lagu dari Katon Kla Project  berjudul Pulang Ke Kotamu. Sehingga para cerpenis yang tidak lagi tinggal di Jogja ini merasakan pulang ke kota yang pernah ditinggalinya. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan