Cabup Hasto Wardoyo Ngetoprak

IMG_20170131_145837
Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja
KULON PROGO  (jurnaljogja.com) – Ratusan warga Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo-DI Yogyakarta (DIY) dihibur pementasan kesenian tradisional ketoprak di balai desa setempat, Minggu (29/1/2017). Pertunjukan ketoprak dengan lakon “Sumilake Pedhut Menoreh” kali ini menghadirkan bintang tamu Calon Bupati Kulonprogo, dr Hasto Wardoyo.
    Kepala Dinas Kebudayaan setempat, Drs Untung Waluyo menandai dimulainya pertunjukan malam itu dengan mengukuhkan Komunitas Ketoprak dan Karawitan Kalibawang, dinamai Grup Banjar Catur Budaya.
      Sutradara ketoprak Bondan Nusantara menjelaskan, acara yang dimotori penggerak seni Pulung Agustanto dan Totok Hedi Santoso serta Wiwin Windarto tersebut dimaksudkan untuk memberikan ruang ekspresi bagi para pelaku seni di wilayah Kalibawang, khususnya para seniman ketoprak dan karawitan setempat.
      Pentas kali ini tak hanya didukung para pemain ketoprak dan karawitan Kalibawang, tetapi juga menampilkan para tokoh senior ketoprak, seperti Widayat, Ignatius Wahono, Sardjono, Giarto dan Budiati. Acara dimeriahkan oleh pelawak “Angkringan” TVRI Yogyakarta, Srundeng dan Ari.
    Lakon pementasan ketoprak kali ini mengisahkan ketenteraman warga di Bukit Menoreh, yang merasa terganggu ulah para “klitih”. Pertunjukan selama hampir tiga jam itu dikemas dalam bentuk tontonan segar tanpa menghilangkan nilai-nilai dramatik.
      Kehadiran incumbent Hasto Wardoyo di tengah pertunjukan malam itu langsung didaulat naik panggung. Dokter spesialis kandungan ini mengungkapkan apa yang dikerjakan pada awal-awal memimpin Kulonprogo, yakni mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakatnya. “Sekarang, semua puskesmas sudah digratiskan. Yang belum punya kartu BPJS, cukup menunjukkan KTP atau kartu keluarga saja,” jelasnya.
     Ia juga menyampaikan, kini di Wates sudah tersedia dokter bedah tulang maupun ahli penyakit jantung. Selain itu, Kulon Progo juga sudah mampu membuat produk lokal berupa air minum dalam kemasan, AirKu.
    Pemkab Kulon Progo juga disebutnya telah menyelesaikan bedah rumah sebanyak 3.050 unit milik masyarakat berpenghasilan rendah. Dan, kali ini Hasto berharap Pilkada di Kulon Progo pada 15 Pebruari nanti berlangsung lancar. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan