Cinta Ala Fisika (3)

Vektor Cinta

Vektor adalah suatu besaran yang mempunyai magnitudo (besar) dan arah. Dalam analisis Fisika, vektor biasanya digunakan untuk menyelidiki gerak perpindahan, pergeseran, kecepatan, percepatan dan sebagainya. Secara geometris vektor dinyatakan dengan sebuah garis yang besar dan arahnya ditentukan.

Seperti halnya vektor, cinta juga memiliki magnitudo (besar) dan arah. Kenapa demikian? Ketika seseorang merasa jatuh cinta, maka ada dua hal penting yang dapat diketahui. kepada siapa cinta itu diberikan dan seberapa besar cinta yang ia berikan. Dan, setiap orang memiliki vektor cintanya sendiri-sendiri. Entah itu vektor pada ruang dimensi dua, tiga atau bahkan tak hingga.

Ketika setiap orang memilki vektor cinta sendiri-sendiri maka perlu ruang vektor cinta. Siapakah yang memiliki ruang vektor cinta? Tentunya Allah SWT, karena Allahlah Yang Maha Membolak-balikan Hati, sesuai dengan hadist berikut : Diriwayatkan oleh Bukhari dari Salim, dari Abdullah bahwa ia berkata, “Nabi seringkali bersumpah dengan menggunakan kalimat, “Demi Allah yang membolak-balikan hati.” Artinya, demikian cepat Allah kuasa membalikkan dan mengubah berbagai perasaan hati, secepat angin yang bertiup kencang. Dari Allah lah cinta itu datang dan Allah-lah yang menghapus rasa cinta itu. Disebutkan dalam Al-Qur‟an, “Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah mendindingi (membuat dinding pembatas) antara manusia dan hati.” (QS. Al-Anfaal: 24)

Bersambung

Ditulis oleh Aurora Senja,  Mahasiswa jurusan Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Ingin tulisan anda dimuat disini, kirim artikel ke Redaksi Jurnal Jogja via email ke  jurnaljogja@gmail.com

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan