Delapan Dokter Muda UGM Koas di GL Zoo

JOGJA (jurnaljogja) – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) selain sebagai tempat wisata di Jogjakarta, juga sering dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan pembelajaran bagi pelajar dan mahasiswa.

Delapan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM, selama sepekan sejak 14-19 Maret 2016 pun memanfaatkan kebun binatang ini untuk koas. Selama koas, mereka dibagi tiga kelompok, yaitu kelompok reptil, aves dan klinik karantina. “Kami membantu dokter di kebun binatang ini,” kata Azra, salah seorang peserta koas.

Di zona reptil dan amphibi, para dokter muda ini menjumpai kura-kura yang susah makan. “Mungkin kura-kuranya sedang stres atau sedang masa birahi,” duganya. Di zona ini, mereka juga menangani cara merawat ular besar koleksi kebun binatang setempat.

ujuan koas ini disebutnya untuk meningkatkan skill atau kemampuan, semisal bagaimana cara mengobati ular berbisa dan yang tidak berbisa. “Kita belajar konservasi,” kata Azra, yang menilai cara perawatan, pemberian pakan dan kualitas satwa di kebun binatang ini cukup bagus. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan