Dewa Ruci Tampil Di Halaman DPRD DIY

Wayang Kulit: Sekretaris DPRD DIY Suharyanta saat menyerahkan wayang kepada Ki Dalang Seno Nugroho.

Wayang Kulit: Sekretaris DPRD DIY Suharyanta saat menyerahkan wayang kepada Ki Dalang Seno Nugroho.

JOGJA – Melestarikan budaya Jawa, DPRD DIY menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, di halaman gedung DPRD setempat, Jalan Malioboro, Jogjakarta, Sabtu (23/3) malam. Menampilkan lakon Dewa Ruci dengan dalang Ki Seno Nugroho.

“Pergelaran wayang kulit ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahun dalam rangka nguri-uri budaya Jawa,” ungkap Sekretaris DPRD DIY, Haryanta SH, mengawali pementasan tersebut dilanjutkan penyerahan wayang Bima saat muda.

Hujan cukup deras juga mengiringi saat pementasan wayang kulit itu dimulai. Cuaca itu membuat penonton tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Hanya puluhan warga masyarakat yang menempati kursi di bawah tenda yang telah disediakan.

Kendati begitu, udara yang cukup dingin malam itu seakan langsung dihangatkan dengan aksi ki dalang yang cukup memukau ditimpali alunan gamelan maupun tembang-tembang yang dibawakan delapan waranggana.

Budaya pewayangan, lanjut Haryanta, merupakan warisan leluhur yang berisikan pesan-pesan untuk berperilaku kehidupan secara baik. “Termasuk dalam berinteraksi sesama manusia maupun dengan Allah SWT, melalui simbol-simbol yang akan disampaikan ki dalang,” katanya.

Melalui lakon Dewa Ruci diharapkan para penonton bisa mengambil hikmah dari pesan-pesan yang ada di dalam lakon carangan itu. “Banyak makna yang bisa diambil dari lakon carangan yang penting dan berat itu,” ujar Haryanta seraya mengemukakan, karena termasuk lakon yang berat maka tidak semua dalang bersedia mementaskan.

Lakon Dewa Ruci penuh dengan pesan-pesan kontemplatif. Upaya manusia untuk mencari asal-usul kehidupannya. Perjalanan rohani manusia untuk mencapai Tuhannya. “Ada filosofi¬†sangkan paraning dumadi dan manunggaling kawula Gusti,” papar Suharyanta kemudian. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan