Difabel Family Gathering MPM PP Muhammadiyah

 IMG_20161227_102557
 Anggoro Rulianto/Jurnal Jogja
JOGJA – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar ‘Difabel Family Gathering’, di Kebun Binatang Gembira Loka Jogjakarta, Minggu (25/12). Dua kelompok difabel turut berpartisipasi, di antaranya Gading (Gabungan Difabel Gamping) dari Kecamataan Gamping, dan Bank Difabel dari Kecamatan Nganglik, total berjumlah 100 orang.
Wakil Ketua MPM PP Muhammadiyah, Ahmad Ma’ruf mengemukakan, tujuan kegiatan untuk menumbuhkan keakraban sesama difabel dan non difabel. “Juga bagian dari pemberdayaan. Pemahaman pemberdayaan bagi sebagian orang selama ini hanya berhubungan dengan pelatihan, keterampilan, maupun workshop, tetapi perlu juga pemberdayaan dari aspek psikologis, melalui kegiatan gathering ini,” jelasnya.
Faktor psikologis kebersamaan, maupun psikologis kebahagiaan perlu juga dimunculkan kepada para difabel. Sedangkan alasan pemilihan kegiatan di Kebun Binatang Gembira Loka, karena tempat tersebut merupakan salah satu wahana rekreasi di Jogjakarta yang memiliki akses bagi difabel.
“Hampir seluruh akses di Gembira Loka ramah difabel, meski masih perlu diperbaiki pada fasilitas toilet yang belum menunjang bagi difabel,” kritik Ma’ruf seraya mengungkapkan, kegiatan tersebut juga merupakan kerjasama dengan komunitas-komunitas lain yang ada di Jogjakarta sekaligus dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional. (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan