Elemen Masyarakat Adukan Akun Hoaks

(kanan-kiri) Eko Suwanto, Tengku Wahyudi Sapta Putra, Andityas Bima Prasetya

(kanan-kiri) Eko Suwanto, Tengku Wahyudi Sapta Putra, Andityas Bima Prasetya

JOGJA – Mengaku mewakili elemen masyarakat Jogjakarta, Tengku Wahyudi Sapta Putra dan Andityas Bima Prasetya, mengadukan akun hoaks yang belakangan beredar di media sosial, ke Mapolda DIY, Senin (28/1) petang.

“Tak kurang dari dua puluh lima akun yang kami laporkan. Akun-akun tersebut ada di facebook, twitter, maupun media sosial lainnya,” ungkap Wahyudi dan Bima, didampingi Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, di Mapolda DIY.

Diterima di ruang SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polda DIY, pengaduan itu menyangkut konten fitnah, ujaran kebencian, serta hoaks atau berita bohong itu sendiri. “Negara ini negara hukum, karena itu kami mengadukan persoalan ini ke polisi agar ditangani secara hukum pula,” ujar Wahyudi.

Sejumlah akun tersebut, menurut Eko, berpotensi memecah-belah masyarakat jika terus dibiarkan beredar di dunia maya. “Kami pun turut mendampingi karena akun-akun tersebut telah menyerang secara pribadi, kelembagaan, bahkan partai politik yang semuanya fitnah,” timpalnya.

Kebencian secara terbuka itu pun sangat melanggar UU ITE. “Berita bohong yang sangat keji. Sangat menganggu demokrasi di tengah komitmen bersama untuk mewujudkan pemilu damai dan berbudaya tanpa hoaks,” tandas Eko.

Bahkan akun-akun hoaks tersebut, menurut Eko, telah mengoyak perasaan masyarakat yang ingin damai. “Karena itu, kami selaku Komisi A DPRD DIY merasa wajib mendampingi pengaduan ini agar semuanya bisa diselesaikan secara hukum,” katanya. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan