FTI UII Dorong Kreativitas Islami

Kaligrafi: Salah seorang juara, Muhammad Fathunnajah, menunjukkan karya kaligrafinya.

Kaligrafi: Salah seorang juara, Muhammad Fathunnajah, menunjukkan karya kaligrafinya.

SLEMAN – Mewadahi kreativitas mahasiswa maupun masyarakat umum berbasis islami, untuk kali pertama FTI UII (Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia) Jogjakarta menggelar Festical (Festival Calligraphy) 2017.

“Lomba kaligrafi merupakan satu rangkaian dengan acara lain yang juga berbasis Islami, bazar dan talkshow,” ungkap ketua panitia, Andhika Giri Persada SKom MEng, di sela pameran puluhan karya kaligrafi hasil lomba tersebut, di lobi kampus fakultas setempat, Jalan Kaliurang Km 14,5 Sleman, DIJ, Jumat (15/12).

Berbeda dengan lomba kaligrafi lainnya, panitia tidak menentukan juara berdasarkan peringkat atau juara 1 sampai juara 3 tapi pemenang berdasarkan tiga tema berbeda yang telah ditentukan sebelumnya. “Ditambah dengan juara harapan satu dan dua,” jelas Andhika yang juga dosen prodi Teknik Informatika itu.

Perlombaan pun lebih bebas. “Jika biasanya ayat yang akan ditulis sudah ditentukan, kami justru membebaskan peserta memilihnya. Karena itu ada kriteria penilaian ketepatan huruf dan tulisan,” tutur Andhika.

Dari 34 karya kaligrafi yang masuk, akhirnya keluar sebagai juara Iqbal Maulana dari FIAI UII untuk tema Keilmuan, Falasufa Alma Noor untuk tema Ukhuwah, dan Maila Arya dari MA Ali Maksum untuk tema Lingkungan. Serta Juara Harapan I Muhammad Fathunnajah dari ponpes Fadlun Minalloh dan Juara Harapan II Fahruril Ikhsan dari Sanggar Kalam.

Andhika didampingi Dekan FTI UII Dr Imam Djati Widodo MEngSc mengharapkan, kegiatan Festical bisa digelar secara rutin setiap tahun. “Untuk sementara tidak semua karya dipamerkan karena keterbatasan tempat,” ujar Andhika seraya menjelaskan, pameran dimaksudkan pula untuk mendorong rasa percaya diri peserta. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan