GL Zoo Maju Kelola Kebun Binatang

IMG_20170203_131500
Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja
JOGJA (jurnaljogja.com)  –  Ketua Badan Pengawas (Bawas) Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS), Heri Purwanto mengakui banyak kebun binatang di luar KBS yang sudah maju dalam mengelola kebun binatangnya, termasuk Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta.
     “Dulu kami menganggap KBS adalah kebun binatang yang besar, dan kebun binatang lain masih adik-adiknya, saudara mudanya. Sekarang tidak bisa lagi kami menganggap GL Zoo sebagai saudara muda karena perkembangannya sudah demikian maju,” kata Heri di sela kunjungan kerjanya di GL Zoo, Rabu (1/2). Selama di GL Zoo, Heri didampingi Dirut GL Zoo KMT A.Tirtodiprojo, Manager HRD Josep Kurniawan dan Manager Keungan setempat Suharti.
      Ia menyebutkan, selama 2016 jumlah pengunjung KBS hanya 1,35 juta orang, sementara GL Zoo selama satu tahun kemarin mencapari hampir 1,7 juta pengunjung. “Saya kira yang menarik di GL Zoo pendapatan tiket masuk dan non tiket (wanaha permainan) hampir berimbang 75%: 25%,” katanya.
      Soal satwa, lanjut Heri, GL Zoo tidak mengandalkan jumlah koleksi dan banyaknya spesies, tapi seberapa menariknya satwa koleksinya. Selain itu, juga bagaimana mengemas kandang dan satwa koleksinya agar lebin menarik bagi pengunjung. “Ini yang kami dapatkan dari GL Zoo,” jelasnya.
      Mengenai rencana saling tukar satwa, pihak KBS mengaku sudah merintis tentang itu, tetapi proses tersebut terhenti karena Pemerintah Kota Surabaya minta agar rencana saling tukar-menukar satwa ditangguhkan dulu. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan