GL Zoo Menambah 12 Unit Alat Pemadam Kebakaran

IMG_20170203_131523
Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja

JOGJA (jurnaljogja.com)  – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menambah 12 unit alat pemadam kebakaran. Ini untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kebakaran, baik yang ditimbulkan akibat hubungan pendek atau korsleting listrik maupun penyebab lainnya,
    Menurut Wakil Kabag Keamanan GL Zoo, Apri Purwanto, sebelumnya GL Zoo telah memiliki 31 unit alat pemadam api ringan (Apar) tersebut.
Alat pemadam ini berbentuk tabung ukuran 6 kilogram.
     Penambahan alat pemadam api itu dipasang oleh petugas mekanik elektrik dari Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta, Rabu (1/2).  Pemasangan Apar di lokasi strategis kebun binatang setempat, seperti di perkantoran yang mudah dijangkau.
     Arifin, salah seorang petugas kebakaran menjelaskan, kebakaran di banyak kasus sering timbul akibat korsleting listrik. Karena itu sebelum memasang Apar, pihaknya perlu survey lokasi. Ia sampaikan perlunya pelatihan pemadaman api bagi karyawan GL Zoo. “Tidak saja petugas keamanan yang harus bisa memadamkan api, tapi juga karyawan lainnya,” ujarnya.
      Dirut GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo menilai pentingnya menciptakan zona zero kebakaran di kebun binatang setempat. Sehingga perlu pencegahan terjadinya kebakaran, seperti pembenahan istalasi listrik, larangan merokok di ruang perbengkelan maupun buang puntung rokok di hutan kebun binatang itu. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan