Google Sempurnakan Misi Pendidikan Jogja Kelas Dunia

tekkomdik
JOGJA – Tertarik dengan konten laman jogjabelajar.org milik Balai Tekkomdik (Teknologi Komunikasi Pendidikan) Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) DIY, perusahaan raksasa digital Google sepakat menjalin kerjasama sekaligus merenovasi laman tersebut.

Melalui program sinergi Google for Education dan Jogjabelajar Jogja Smart Education, Google merenovasi laman tersebut. “Ibarat sudah ada rumah, kita tinggal merenovasi. Menambah kamar,” ungkap President Director PT Duta Digital Informatika, Arya Sanjaya, selaku mitra resmi Google for Education di Indonesia, di Kantor Disdikpora DIY, Jalan Cendana, Jogjakarta, Jumat (23/11).

Kerjasama tersebut, imbuh Arya, untuk mewujudkan pendidikan Jogja kelas dunia. “Era digitalisasi yang berkembang begitu pesat saat ini berdampak besar pada semua sektor di Indonesia, termasuk pendidikan,” tandasnya didampingi Kepala Balai Tekkomdik Disdikpora DIY, Isti Triasih.

Disdikpora DIY melalui Balai Tekkomdik, sambung Isti, selalu berupaya cepat dan sigap menciptakan terobosan baru terkait teknologi media pembelajaran bagi masyarakat. Itu semua untuk mendukung tercapainya misi Jogjakarta sebagai pusat pendidikan pada 2025.

“Dalam rangka menyongsong revolusi pendidikan 4.0 dan menyukseskan program Jogja Smart Education untuk mewujudkan Pendidikan Jogja Kelas Dunia, pada tahun ini kami bekerjasama dengan Google melalui PT Duta Digital Informatika,” ungkapnya.

Salah satu bentuk kerjasama itu meningkatkan domain jogjabelajar.org menjadi domain pendidikan berbasis teknologi Google. Pengguna jogjabelajar.org secara otomatis dapat menggunakan seluruh aplikasi produktivitas untuk pendidikan yang terdapat di Google melalui akun pengguna yang berakhiran nama domain @jogjabelajar.org.

“Melalui layanan baru itu, laman Jogja Belajar yang semula memiliki lima fitur utama JB Media, JB Budaya, JB Radio, JB Class, dan JB tube, kali ini bertambah fitur baru JB Mail,” timpal Arya.

Isti mengemukakan, selain berkolaborasi dengan Google untuk memberikan layanan pendidikan digital unggulan di DIY, Balai Tekkomdik juga memiliki layanan khusus JB Class. “Pada 2018 ini Balai Tekkomdik DIY meluncurkan aplikasi terbaru JB Class dalam bentuk aplikasi mobile berbasis Android,” katanya.

Jb Class merupakan aplikasi learning management system berbasis website yang dirancang sebagai media tambahan atau pengayaan pembelajaran yang melengkapi pembelajaran konvensional melalui kelas maya. Sejak dirilis pada 2015, JB Class saat ini memiliki 27.631 pengguna, 4.842 kelas online, dan 8.204 konten pembelajaran. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan