Hubungan Ilmu Pengetahuan, Seni dan Perubahan Sering Ambigu

IMG_20161028_162610
Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja
 
JOGJA (jurnaljogja.com) – Kreativitas manusia di bidang seni sering menginspirasi ilmu pengetahuan yang berujung pada perubahan pada tatanan sosial dan ekonomi.
    “Tarian, nyanyian, alat musik, bahkan makanan merupakan contoh yang merefleksikan tata cara kehidupan yang unik dalam banyak masyarakat,” sebut Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana  UGM,  Prof Ir  Suryo Purwono, MASc, PhD pada pembukaan  8th International Graduate Students and Scholar Scholars’ Conference in Indonesia (IGSSCI) Graduate School, di Sekolah Pascasarjana UGM Jogjakarta, Rabu (26/10).
     Prof Suryo melihat hubungan antara ilmu pengetahuan, seni dan perubahan. Ilmu pengetahuan dan seni secara umum disebuatnya sebagai kekuatan untuk berubah, baik ke dalam maupun ke luar.
    Menurutnya, perubahan revolusioner sepanjang sejarah umat manusia sebagian besar terjadi karena penemuan-penemuan sains. Akan tetapi disayangkan hubungan antara ilmu pengetahuan, seni dan perubahan sering ambigu pada tujuan dan asalnya.
    Di satu sisi, lanjut dia, ilmu pengetahuan dan seni dapat menjadi subjek atau kekuatan untuk mengubah tata kehidupan masyarakat dalam memproduksi dan mengonsumsi makanan, menciptakan rasa aman, menyingkirkan batasan dalam pergerakan, dan membuat batasan-batasan baru serta pola hubungan antara ‘kita’ dan ‘mereka’. Di sisi lain, ilmu pengetahuan dan seni bisa juga digunakan sebagai alat untuk mempertahankan status quo atau mencegah perubahan-perubahan yang tidak diinginkan dan mempromosikan transformasi yang diinginkan.
    “Jarak antara ilmu pengetahuan dan seni pada satu pihak dan dunia yang praktis sering tidak jelas batasannya. Bahkan, pihak kepolisian sering tidak diberitahu adanya temuan-temuan penelitian penting ini. Sehingga ilmuwan dan seniman sering tidak bisa mendefinisikan relevansi dari hasil karya mereka dengan kebututuhan-kebutuhan nyata.” (bam)
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan