Ibu Negara Tanam Sawo Kecik

JOGJA (jurnaljogja) – Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla meninjau serta memotivasi para guru TK/PAUD peserta pelatihan pelaksanaan peningkatan kualitas pengelola/guru PAUD di Balai Besar Latihan Ketransmigrasian (Balatrans) Jogjakarta, Senin (9/5). Dalam kesempatan itu keduanya selaku pembina Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) juga mengunjungi Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) milik Kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Jogjakarta. Keduanya di kompleks BBLM menyempatkan pula meninjau pameran kerajinan dan menanam pohon sawo kecik serta panen sawi.

Pembina PKK Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigransi, Ari Haryati Marwan Jafar menilai pentingnya pendidikan anak usia dini. Usia kanak-kanak disebutnya sebagai masa keemasan, untuk membentuk karakter dan mental. “PAUD tak berkualitas sangat berbahaya karena metode pendidikan yang salah akan terbawa hingga dewasa,” ingatnya.

Pelatihan guru PAUD berlangsung lima hari ke depan, diikuti 100 guru perwakilan dari Bangkalan, Sumenep, Temanggung, dan DIJ. Mereka akan memperoleh materi peningkatan kualitas PAUD mencakup aspek kualitas guru, kurikulum dan buku untuk mengajar.

Menurutnya, pola pengajaran PAUD harus dilaksanakan secara tepat dengan didukung oleh guru yang berkualitas. Tenaga didik di Indonesia untuk PAUD disebutnya sudah cukup memadai. “Tenaga didik berkualitas akan membantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri, rasa aman dan nyaman. Sehingga potensi anak akan berkembang dengan optimal,” jelasnya.

Salah satu peserta pelatihan guru PAUD , Andriani dari Bangkalan mengaku senang mengikuti pelatihan. Menurutnya, tenaga didik PAUD perlu profesional agar mampu membangun generasi yang cerdas dan berkarakter tangguh. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan