Idhul Adha Momentum Persatuan Umat

JOGJA – Ratusan jemaah memenuhi halaman Balaikota Yogyakarta, Rabu, (22/8), untuk menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1439 H. Wawali (Wakil Walikota) Jogjakarta Drs Heroe Poerwadi MA selaku khatib mengajak umat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Makna kurban, usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menyembelih hewan kurban untuk disedekahkan terutama bagi orang-orang yang tidak mampu.

“Melalui peristiwa Idul Qurban, ada beberapa hikmah dan pelajaran yang dapat diambil. Antara lain, mendahulukan cinta kepada Allah SWT. Ismail simbol kecintaan dunia, Qurban sebagai ibadah sosial, dan Idul Adha sebagai momentum persatuan umat Islam,” tutur Heroe kemudian.

Idul Adha hendaknya dijadikan momentum untuk mempersatukan umat Islam di DIY. Lebih khusus di kota Jogjakarta dan Indonesia pada umumnya. “Marilah kita jadikan momen Idul Adha ini sebagai persatuan umat Islam, kuhsusnya di Indonesia dalam bingkai NKRI dan Pancasila,” ajak Wawali.

Wawali juga mengingatkan umat untuk tidak menyisakan dendam dan iri hati hanya karena perbedaan pilihan dan pendapat. “Jangan sampai hanya perbedaan pilihan walikota, bahkan pilihan presiden, mengakibatkan putusnya tali silaturahim di antara kita,” tegas Heroe.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1439 H di halaman Balaikota Jogjakarta itu dihadiri pula oleh Walikota Yogyakarta H Haryadi Suyuti dan Komandan Kodim 0734 Yogyakarta bersama keluarga masing-masing dan beberapa kepala OPD di lingkup pemkot Jogjakarta. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan