Jasa Raharja Klaim Santunan Cair Satu Jam

Akhdiyat Setya Purnama (kiri) dan Andrie Pasca Hendradewa dari UII

Akhdiyat Setya Purnama (kiri) dan Andrie Pasca Hendradewa dari UII

JOGJA – Meningkatkan pelayanan masyarakat, Jasa Raharja mengklaim, pemberian atau pencairan santunan terhadap korban kecelakaan kendaraan bermotor, kini jauh lebih cepat. Selain terkoneksi dengan jaringan kepolisian, Jasa Raharja terkoneksi pula dengan BPJS Kesehatan dan rumah sakit mitra.

“Bahkan untuk santunan korban meninggal dunia sekarang ini bisa kami proses dan berikan kepada keluarga atau ahli waris hanya dalam waktu satu jam,” ujar Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Yogyakarta, Akhdiyat Setya Purnama SH LLM, kepada wartawan, di Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang Km 14,5 Jogjakarta, Sabtu (23/3).

Pada lima tahun terakhir ini, imbuh Akhdiyat, Jasa Raharja terus melakukan reformasi metoda pelayanan kepada masyarakat. “Jika dulu, misalnya, kami harus datang ke Polres, kini tak perlu lagi karena secara sistem sudah terkoneksi,” jelasnya.

Jasa Raharja dengan seluruh Polres saat ini sudah terkoneksi melalui integrated road safety system. “Setiap masuk laporan adanya kecelakaan lalu lintas ke polres, maka datanya otomatis akan masuk ke kantor kami,” tutur Akhdiyat.

Begitu menerima data laporan, lanjut Akhdiyat, petugas Jasa Raharja harus segera merespon. “Maksimum dalam waktu dua jam, petugas Jasa Raharja harus merespon, mengklarifikasi, kemudian membuat kesimpulan untuk kepastian jaminan bagi korban,” katanya.

Ia pun mengemukakan, Jasa Raharja saat ini juga telah memiliki aplikasi yang terintegrasi dengan BPJS Kesehatan dan sejumah rumah sakit mitra. “Melalui aplikasi itu BPJS maupun rumah sakit bisa memberi informasi ke Jasa Raharja untuk mendapatkan fee claim,” jelas Akhdiyat.

Secara nasional, Jasa Raharja saat ini sudah menjalin kemitraan dengan lebih dari 1.500 rumah sakit. Khusus di Jogjakarta, hampir 50 rumah sakit. “Melalui berbagai pembaruan sistem dan perubahan lainnya, pencairan santunan Jasa Raharja bisa dilayani secara simpel, mudah, dan cepat,” tandas Akhdiyat.

Jadi, masyarakat jangan ragu. Asal bukan kecelakaan tunggal dan melaporkan ke polisi, secara otomatis Jasa Raharja akan memberikan santunan. “Syaratnya hanya melaporkan peristiwanya ke polisi. Jasa Raharja tak peduli pada kelengkapan surat kendaraan, maupun surat kelengkapan mengemudi lainnya,” tandas Akhdiyat. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan