Jelang Lebaran, Pasar Beringharjo Disiapkan Guide

JOGJA (jurnaljogja.com) – Jelang Lebaran tahun ini Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Jogjakarta menyiapkan 10 pasang pemandu pasar atau guide. Ini dimaksudkan untuk membantu pengunjung yang tengah berbelanja, khususnya di Pasar Beringharjo .
Kabid Pengembangan Pasar Dinlopas Kota Jogjakarta, Rudi Firdaus menjelaskan, biasanya setiap dua minggu atau sepuluh hari sebelum Lebaran, pasar tradisional mulai diserbu pengunjung guna membeli kebutuhan Lebaran. “Untuk membantu pengunjung belanja, maka  kami sediakan pemandu,” katanya Jumat (17/6).
Para  pemandu pasar adalah orang  muda yang sudah dilatih, sehingga para pengunjung tidak perlu kawatir karena mereka sudah paham betul seluk-beluk pasar. Para guide juga  sudah dibekali peta dan memiliki kecakapan berbahasa Indonesia, Inggris dan Bahasa Jawa  halus.  “Mereka  kami tugasi membantu pengunjung pasar untuk menemukan apa yang dicarinya. Juga menjelaskan tentang kondisi pasar,” jelasnya.
Menurut Rudi,  31 pasar tradisional yang ada di Kota Jogja, biasanya  peningkatan jumlah pengunjung secara signifikan hanya terjadi di 6 pasar, yaitu Pasar Beringharjo, Giwangan, Lempuyangan, Sentul, Kotagede dan Pasar Kranggan. “Pemandu pasar hanya akan stand by di Pasar Beringharjo,” sebutnya seraya menjelaskan, difokuskan di Beringharjo karena kunjungan paling banyak ada di pasar tersebut. Kenaikannya mencapai 50- 75 persen dari hari biasa. Para pemandu pasar ini mulai bertugas pada 22 Juni hingga Lebaran nanti. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan