Jogja Tujuan Utama Studi Tour Pelajar Jateng

Studi Tour: Panitia Famtrip Exotika Gunung Kidul menjadikan Jogjakarta sebagai tujuan utama studi tour pelajar Jateng.

Studi Tour: Panitia Famtrip Exotika Gunung Kidul menjadikan Jogjakarta sebagai tujuan utama studi tour pelajar Jateng.

JOGJA – Jogjakarta menjadi tujuan utama studi tour bagi pelajar TK (taman kanak-kanak), SD (sekolah dasar), hingga SMP (sekolah menengah pertama) dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah. Selain sebagai kota pelajar, daerah istimewa ini memiliki banyak objek wisata pendidikan.

“Hampir semua studi tour siswa TK, SD, SMP, tujuannya Jogjakarta. Sasaran objeknya sesuai visi misi pendidikan sekolah. Jarak tempuhnya juga terjangkau dalam sehari,” ujar Panitia Rombongan Famtrip Exotika Gunung Kidul, Nandang, di sela rehat makan malam di Ulam Tirta Resto & Rest Area, Jl Tegal Turi 2 Giwangan, Umbulharjo, Jogjakarta, Kamis (25/7).

Famtrip Exotika Gunung Kidul diikuti tiga paguyuban pegiat wisata Jawa Tengah, masing-masing PBMas (Paguyuban Biro Wisata Banyumas), PPW (Paguyuban Pelaku Wisata) Semarang, dan Pujawisata (Paguyuban Usaha Jasa Wisata Pemalang). Dalam lawatan wisata ke Jogjakarta, mereka mengunjungi berbagai objek wisata di Gunung Kidul dan pusat oleh-oleh Jogjakarta.

Objek wisata di Jogjakarta, lanjut Nandang, meliputi wisata budaya, sejarah, biologi, pendidikan, kuliner, pantai, gunung, alam, shopping, oleh-oleh, dan sebagainya. “Bagi sekolah, adanya museum Dirgantara, museum Jogja Kembali, museum Pendidikan, keraton, kebun binatang, candi, pantai, efektif untuk studi tour. Aplikasi pelajaran dapat, hiburannya dapat, belanjanya pun dapat,” tandasnya.

PBMas, PPW, dan Pujawisata yang beranggotakan 300-an biro wisata dan travel agent, itu tiap tahun selalu membawa rombongan pelajar dari TK hingga SMP di Jawa Tengah berwisata ke Jogjakarta. Data yang tercatat dari ketiga paguyuban tersebut, setidaknya sudah ratusan sekolah dengan puluhan ribu siswa yang tersebar di kabupaten/kota Jateng dibawa ke berbagai objek wisata Jogjakarta.

Pengelola Pusat Oleh-oleh Bakpia Soemodigdo, Ariyanto SE mengatakan, Famtrip Exotika Gunung Kidul bertujuan melihat dari dekat berbagai objek wisata yang ada di Jogjakarta. Tiga paguyuban tersebut, nantinya akan mempromosikan kepada pelajar dan masyarakat di Jawa Tengah. “Dari para penggerak wisata itulah, masyarakat Jateng berwisata ke Jogja. Ini nyata. Buktinya bertahun-tahun, PBMas, Pujawisata, maupun PPW selalu membawa puluhan ribu warga Jateng ke Jogja,” ujarnya.

Sebagai insan pariwisata, Ariyanto sangat mendukung kegiatan tiga paguyuban tersebut dalam rangka promosi pariwisata Jogjakarta. Bahkan ia berharap semua komponen wisata di Jogja lainnya harus mendukung dengan memberikan fasilitas memadai. “Ini juga harus disinergikan dengan pemerintah sebagai pengambil kebijakan agar wisata Jogjakarta terus maju berkembang memberikan kesejahteraan warga.” (yul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan