Joglosemar Kembangkan ‘Destination Brand’ Untuk Menarik Wisman

JOGJA (jurnaljogja.com) – Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Jogjakarta (DIY), Ir Aris Riyanta MSI menilai  penting Jogjakarta, Solo, Semarang (Joglosemar)  sebagai salah satu dari sepuluh destinasi unggulan  untuk mengembangkan ‘destination brand’ dalam menarik minat dan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.
“Kebutuhan akan destination branding adalah sebuah keniscayaan sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata guna memenuhi terget kunjungan wisman, yaitu sebanyak 20 juta wisman pada 2019,” katanya pada penyusunan strategi destinasi branding untuk Joglosemar di Inna Garuda, Jalan Malioboro, Jogjakarta, Selasa (14/6).Dalam kesempatan itu dipaparkan oleh Tim Penyusun PT Karma Wi Bangga tema “Nilai Penting Pengembagnan Brand Destinasi Joglosemar Dalam Menarik Wisatawan Mancanegara & Tahapan Pengembangan Brand Joglosemar”. Dengan menghadirkan narasumber pakar perwakilan wisman David Sanders PhD, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma (USD) Ike Janita Dewi SE, MBA, PhD  dan Dwi Endah Kusumaningsih ST, MT, dimoderatori Wayan Suweta Dharma ST, MSc. Dalam focus group disscussion (FGD) penyusunan strategi destinasi branding untuk Joglosemar itu mulai mengerucut  brand Java berlatar bentuk Candi Borobudur.
Menurut Aris Riyanta, hal ini penting untuk membangun kesepakatan bersama, di mana pariwisata adalah ‘borderles tourism’ yang tidak mengenal batas wilayah administrasi. Selain itu diperlukan dukungan dari berbagai stakeholder yang tidak hanya berhenti pada saat proses brand diciptakan, namun hingga ke strategi komunikasi pemasaran  nantinya. Lebih jauh diperlukan pula Co-opetition. Meskipun  disadari terdapat persaingan antarwilayah kabupaten/kota, namun tetap harus bekerja sama guna memajukan destinasi Joglosemar secara bersama-sama.
Sehubungan itu, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan kegiatan penyusunan strategi branding di 10 destinasi unggulan di Indonesia. Yang telah ditetapkan dalam konsep pengembangan 10 greater pariwisata Indonesia,  di antaranya Joglosemar. Khusus untuk penyusunan destination band wilayah Joglosemar dipercayakan ke PT Karma Wi Bangga. “Kegiatan ini bertujuan untuk melengkapi brand wonderful Indonesia yang merupakan master brand pariwisata Indonesia secara keseluruhan,” jelasnya. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan