KAI Ikut Dorong Pengembangan UMKM

Pasar Murah: Masyarakat rela mengantri secara tertib guna memperoleh paket sembako murah di halaman Pintu Selatan Stasiun Tugu Jogjakarta, Sabtu (13/4).

Pasar Murah: Masyarakat rela mengantri secara tertib guna memperoleh paket sembako murah di halaman Pintu Selatan Stasiun Tugu Jogjakarta, Sabtu (13/4).

JOGJA – Sebagai salah satu BUMN, PT KAI Daop 6 Yogyakarta ikut mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, maupun menengah. Antara lain dengan menggelar pameran UMKM KAI On Station, di Pintu Selatan Stasiun Tugu Jogjakarta, selama dua hari, Sabtu – Minggu (13/14/4).

“Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara bagi kami, melalui program CSR, untuk turut meningkatkan kemampuan UMKM agar tangguh, mandiri, dan nantinya bisa naik kelas,” ujar EVP PT KAI Daop 6 Jogjakarta, Eko Purwanto.

Pameran UMKM Mitra Binaan KAI diikuti 30 Mitra Binaan Unggulan dari berbagai daerah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Menampilkan produk Fashion, Food, dan Craft.

Bertepatan dengan HUT ke-21 Kementerian BUMN itu pula dilakukan penyerahan bantuan Bina Lingkungan Pasar Murah KAI sebanyak 500 paket sembako murah senilai Rp 78.780.000. Masyarakat bisa membeli dengan harga Rp 10.000 per paket. Hasil penjualan sebesar Rp 5 juta, diberikan kepada 20 anak yatim.

Ada pula Bantuan Beasiswa Rp 35.105.000 bagi siswa kelas XII dari SMK Bopkri yang merupakan siswa tidak mampu namun berprestasi, yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Total bantuan Bina Lingkungan sebesar Rp 118.885.000 itu merupakan salah satu upaya dan kontribusi nyata BUMN untuk turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Kebijakan TJSL Kementerian BUMN, Eko Setiawan itu dimeriahkan pula dengan Fashion Show produk Mitra Binaan UMKM KAI yang berasal dari wilayah Sumatera dan Jawa.

Selain pameran dan pasar murah, digelar pula seminar Entrepreneur Di Era Digital, seminar UMKM Naik Kelas, serta talkshow. Peserta seminar 150 orang terdiri dari para entrepreneur dan calon entrepreneur Yogyakarta. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan