Karya Wisata, Siswa SMA “TN” Disambut Kalungan Bunga di GL Zoo

IMG_20170322_170239
JOGJA (jurnaljogja.com) – Sebanyak 380 siswa SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang angkatan XXVII melakukan karya wisata ke Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, Rabu (22/3). Kedatangan para siswa itu disambut dengan kalungan bunga dari gajah betina koleksi kebun binatang setempat.
     Pengalungan bunga kehormatan oleh gajah bernama Gilang itu di dilakukan kepada perwakilan siswa-siswi SMA “TN”, M. Ilham dan Mutiara. Sebelumnya, kedatangan para siswa kelas X dari 12 kelas itu diterima langsung oleh Direktur Utama GL Zoo, KMT. A. Tirtodiprojo.
     Ketua rombongan SMA TN, Drs Gogol Baroto MPd menjelaskan, sebelum ke GL Zoo para siswa melakukan orientasi budaya di Keraton Yogyakarta. “Ini merupakan kegiatan kalender tahunan. Untuk siswa kelas XII sedang menempuh ulangan sekolah, sedangkan kelas XI tengah latihan hulubalang di lapangan tembak Akmil, Magelang,” katanya.
    Ia berharap, melalui karya wisata di GL Zoo, para siswa bisa mengenal dan paham akan tingkah laku satwa. Sehingga mereka mencintai satwa, dan tidak perlu membunuh bila menghadapi hewan seperti ular sekali pun.
     Selama di kebun binatang tersebut, para siswa kelas X dari 12 kelas  itu berkesempatan menyaksikan feeding time bermacam satwa, seperti atraksi perilaku gajah di habitat aslinya, dan menonton pertunjukan satwa terampil. Juga digelar pertunjukan band dari dan oleh para siswa sendiri. (bam)
     Pada hari yang sama,  210 siswa kelas VII SMP Stella Duce 1 Dagen, Yogyakarta melakukan  pembelajaran luar sekolah (PLS) di GL Zoo. “Kami kenalkan lingkungan dan satwa kepada para siswa,” kata guru IPS SMP Stella Duce 1, Mujiharjo.
     Selama di GL Zoo, para siswa disertai guru kelasnya. Mereka ditugasi mencatat jenis satwa koleksi kebun binatang tersebut, untuk nantinya para siswa diminta bercerita di depan kelas. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan