Khocil Siap Pentaskan “Genderuwo Pasar Anyar”

IMG_20160914_102731  Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja
Khocil Birawa (kiri).
JOGJA (jurnaljogja.com) – Seniman Khocil Birawa bakal mementaskan lakon monolog “Genderuwo Pasar Anyar” karya Indra Tranggono di Gedung Societet Taman Budaya Jogjakarta, Kamis (15/9) malam. Pentas berdurasi 75 menit ini disutradarai Toelis Semero.
      “Pementasan ini diangkat oleh Komunitas Sobat Lama Jogjakarta kerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIJ, Taman Budaya dan SKH Kedaulatan Rakyat,” kata Pimpinan produksi pementasan tersebut, Anes Prabu, Selasa (13/9).
      Wartawan “KR” Khocil Birawa mengatakan, melalui pementasan monolog ini dirinya akan mencoba kembali bekreasi sebagai pemain teater. “Selama ini saya lebih banyak bekerja di balik layar, baik sebagai wartawan seni maupun penyelenggara pementasan teater dan kethoprak,” tutur alumni Akademi Seni Drama dan Film (Asdrafi) tahun 1980-an ini
       Pementasan ini sekaligus menandai 36 tahun dirinya berkecimpung di dunia kesenian, khususnya teater, baik sebagai pemain maupun jurnalis. Khocil mengaku memilih monolog karena seni keaktoran dirasakan memberikan tantangan kreatif, yang menurut dirinya untuk eksploratif. “Memang, prosesnya tidak mudah, tapi saya berusaha keras mewujudkan pementasan nanti dengan baik, lancar dan komunikatif,” tekadnya.
     Selain berteater, Khocil juga pernah membintangi sinetron, acara komedi di TV dan film layar lebar. Di antaranya serial “Mbangun Desa”, “Gatot Kaca”, “Obrolan Angkring”, “Markum”  di TVRI Jogjakarta. Juga serial “Tonil Mataraman” (Jogja TV), dan film lainnya. Selain itu turut terlibat dalam berbagai produksi pementasan, misalnya Kethoprak Tjap Tjonthong bersama pelawak Marwoto dkk, Majelis Kehtoprak DIJ, Teater Muara dan Getih Budaya. “Genderuwo Pasar Anyar” kali ini menjadi debutnya sebagai aktor tunggal dalam pementasan dirinya. (bam)
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan