Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi: Bekakak Raih Penyaji Terbaik Pertama

Bekakak1
Sleman (jurnaljogja.com) – Bregada upacara adat Saparan Bekakak dinyatakan sebagai penyaji terbaik pertama dalam Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi yang digelar Minggu 27 September 2015 kemarin dengan nilai 725. Dengan demikian kontingen asal kecamatan Gamping ini berhak atas tropy dan uang pembinaan sebesar Rp.8 juta.
Menyusul sebagai penyaji terbaik kedua Komunitas Mahasiswa Bali yang memperoleh tropy dan uang pembinaan Rp.6,5 juta, penyaji terbaik ketiga kontingen Fakultas Tehnik UNY yang memperoleh tropy dan uang pembinaan Rp.5 juta, Harapan pertama kontingen Kabupaten Banjarnegara yang memperoleh tropy dan uang pembinaan Rp.4 juta, harapan kedua kontingen Kota Surabaya yang berhak atas tropy dan uang pembinaan Rp.3,5 juta, harapan ketiga kontingen Bregada Wareng Caki dari kecamatan Tempel yang berhak atas tropy dan uang pembinaan Rp.3 juta.
Adapun dewan juri dalam Kirab Pelangi Budaya Bumi Merapi 2015 tersebut adalah Ketua Dewan Kebudayaan DIY Drs. Djoko Dwiyanto, M.Hum, Drs. Suharyoso, M.Sn (dosen teater di ISI Yogyakarta) dan Drs. Sigit Purnomo, M.Pd (dosen P4TK Yogyakarta)
Selain itu usai kirab sekaligus diumumkan kejuaraan Pawai Seni Tiga Dimensi/ Ogoh-Ogoh, sebagai berikut: penyaji terbaik pertama kecamatan Seyegan, penyaji terbaik kedua kecamatan Moyudan, penyaji terbaik ketiga kecamatan Mlati, harapan satu kecamatan Pakem, harapan dua kecamatan Cangkringan. Secara berturut-turut kelima pemenang berhak atas tropy dan uang pembinaan sebesar Rp.3 juta, Rp.2,5 juta, Rp.2 juta, Rp.1,25 juta untuk penyaji terbaik harapan satu dan harapan dua.
Sedangkan untuk Kirab Bregada Prajurit sebagai penyaji terbaik pertama Bregada Songsong Wirosuto dari kecamatan Gamping, penyaji terbaik kedua Bregada Umbul Kamulyan dari kecamatan Kalasan, penyaji terbaik ketiga Bregada Sastro Wilogo dari kecamatan Moyudan, penyaji terbaik keempat Bragada Pangeran Purboyo dari kecamatan Berbah, penyaji terbaik kelima Bragada Ki Ageng Wonolelo dari kecamatan Ngemplak. Dengan demikian kelima penyaji terbaik tersebut berhak atas tropy dan uang pembinaan sebesar masing-masing Rp.6 juta, Rp.5 juta, Rp.4 juta, Rp.3 juta, dan Rp.2 juta.
Bekakak2
Selain itu dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada para pemenang lomba foto potensi pariwisata dan UKM, lomba foto onthe spot atas kerjasama dengan Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman dan lomba foto selfie bersamaan dengan pelaksanaan Jelajah Wisata pada 30 Agustus 2015 silam.
Pemenang lomba foto ragam pesona wisata adalah sebagai berikut: Juara 1 Toni Suria Kurniadi dengan hadiah Rp.5 juta, Juara 2 Giri Wijayanto dengan hadiah Rp.3,5 juta, Juara 3 Rezky Puspitasari dengan hadiah Rp.2,5 juta, Juara Harapan 1 Boy T. Harjanto dengan hadiah Rp.1,75 juta, Juara Hareapan 2 Fadli Suandi dengan hadiah Rp.1,25 juta.
Pemenang lomba foto potensi UKM, sbb: Juara 1 Bambang Wirawan dengan hadiah Rp.5 juta, Juara 2 Giri Wijayanto dengan hadiah Rp.3,5 juta, Juara 3 M. Jeffry Hanafiah dengan hadiah Rp.2,5 juta, Juara Harapan 1 Gunawan Priyo Jatmiko dengan hadiah Rp.1,75 juta, Juara Harapan 2 Budi Purnomo dengan hadiah Rp.1,25 juta.
Pemenang lomba foto on the spot pada tanggal 13 September 2015 di kawasan Kaliurang adalah Juara 1 Fakdus dengan hadiah Rp.1,5 juta, Juara 2 Much Zaidi Mahadi dengan hadiah Rp.1 juta, Juara 3 Pitoet N dengan hadiah Rp.750 ribu, Juara Harapan 1 Ahmad Nashirudin dengan hadiah Rp.500 ribu, Juara Harapan 2 Chr Andi Nurharyanto dengan hadiah Rp.250 ribu. Dua pemenang lomba foto selfie yaitu “Ternyata Sleman potensi alamnya istimewa” karya Heri Hermawan dan “Trekking Keluarga di Lava Bed hasil erupsi 1006” karya Eko Mulyanto, yang masing-masing berhak atas hadiah sebesar Rp.500 ribu.-

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan