Klenteng Gondomanan Gelar Donor Darah

JOGJA (jurnaljogja) – Vihara Buddha Prabha (Klenteng Gondomanan) Jogjakarta menggelar donor darah, Minggu (15/5). Kegiatan aksi sosial ini diselenggarakan  untuk menyambut Tri Suci Waisak 2560BE yang bertepatan dengan 22 Mei mendatang.
    Ketua panitia donor darah, Aryanto menjelaskan, donor darah diikuti sekitar 300 peserta. Mereka berasal, selain dari Kota Jogja, juga dari Kulonprogo dan Gunungkidul. “Dulu kita rutin menggelar donor darah dan sempat terhenti. Sekarang kita mulai lagi,” katanya di sela kegiatan.
     Sementara pelaksana kegiatan, Agus Setyawan Suwarno mengatakan, selain donor darah juga dilaksanakan berbagai kegiatan lain, seperti tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara. Juga kegiatan Dharma Santi Waisak yang direncakan pada 4 Juni mendatang di Bangsal Kepatihan. Sedangkan puncak perayaan Waisak pada 21-dan 22 Mei digelar di Candi Borobudur dan Candi Sewu.
     Menurutnya, perayaan di Borobudur biasanya dilakukan oleh semua majelis yang ada. Sedangkan perayaan di Candi Sewu, hanya dari majelis Buddhayana Indonesia. Ke depan pihaknya menyiapkan lebih banyak kegiatan guna menyambut Tri Suci Waisak. Perayaan Waisak, ke depan juga akan dilangsungkan di tempat umum. Ini untuk mengenalkan sekaligus menunjukkan jika umat Buddha masih cukup eksis meski populasinya tidak besar. “Kami ingin menunjukkan bahwa masih eksis, walau pun jumlah kami tidak banyak,” katanya.
     Penyuluh agama Buddha dari Kementerian Agama DIJ, Jiyono mengatakan, secara keseluruhan terdapat sekitar 6.000 penganut ajaran Buddha di DIJ. Secara rutin, pihaknya membina melalui penyuluh. Disebutkan ada dua penyuluh PNS dan  non PNS 16 orang, selain itu masih ada penyuluh mandiri dari majelis-majelis. (bam)
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan