Kualitas Mahasiswa Baru UPN Makin Baik

Mahasiswa Baru: Segenap mahasiswa baru UPN Veteran Jogjakarta mengikuti Sidang Senat Terbuka, di Auditorium kampus setempat, Senin (11/8), sebagai rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara tahun akademik 2018/19.

Mahasiswa Baru: Segenap mahasiswa baru UPN Veteran Jogjakarta mengikuti Sidang Senat Terbuka, di Auditorium kampus setempat, Senin (11/8), sebagai rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara tahun akademik 2018/19.

JOGJA – Dalam tiga tahun terakhir, di bidang sains dan teknologi maupun sosial humaniora, nilai pendaftar di UPN Veteran Jogjakarta melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) selalu masuk ke dalam peringkat sepuluh besar. “Itu menunjukkan kualitas input mahasiswa baru UPN semakin baik,” ungkap Rektor UPN Veteran Jogjakarta, Prof Dr Sari Bahagiarti K MSc, di hadapan segenap mahasiswa baru UPN, di kampus setempat, Senin (13/8).

Pada tahun akademik 2018/2019 ini, ungkap Sari, UPN Jogjakarta menerima 2.881 mahasiswa baru. Mereka dinilai sebagai putera puteri terbaik karena untuk masuk ke universitas tersebut harus bersaing dengan lebih kurang 58.000 pendaftar. “Sebagai pionir muda pembangunan bangsa, kalian adalah putera puteri terbaik,” tandasnya.

Dengan tambahan 2.881 mahasiswa baru tersebut, total jumlah mahasiswa UPN Jogjakarta saat ini lebih dari 13.000 orang mahasiswa. Dari jumlah mahasiswa baru tersebut, pada tahun akademik ini UPN menerima kuota mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi sebanyak 369 mahasiswa. Dengan demikian, secara keseluruhan jumlah mahasiswa Bidik Misi UPN Jogjakarta ada 1.014 mahasiswa.

Di hadapan para mahasiswa baru tersebut, Sari pun mengemukakan, globalisasi merupakan tantangan bagi perguruan tinggi untuk menghasilkan insani yang berkualitas, yang mampu bersaing di era global ini. “Untuk itu, UPN akan menyiapkan model insani yang tangguh dalam menghadapi persaingan global. Bukan hanya sekadar sumberdaya manusia,” katanya.

Kepada segenap mahasiswa baru, Sari juga berpesan, agar belajar dengan baik, bekerja keras, cerdas, dan ikhlas sehingga dapat menyelesaikan kuliah secara cepat dan tepat waktu. Mereka juga diharapkan mengikuti secara aktif kegiatan mahasiswa. Tersedia 26 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan 30 organisasi kemahasiswaan.

“Ikutilah kegiatan kemahasiswaan itu untuk meningkatkan softskill, pola pikir, pola tindak, dan prestasi sehingga empat tahun lagi, atau bahkan kurang, kalian semua dapat kembali ke gedung ini untuk diwisuda,” tutur Sari disambut tepukan riuh segenap mahasiswa baru yang memenuhi gedung Auditorium kampus tersebut.

Sebelumnya, para mahasiswa baru itu mengikuti upacara tanda dimulainya kegiatan PKKBN (Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara) yang dimeriahkan dengan atraksi terjun payung dari anggota FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Salah seorang penerjun adalah Paulus Mujiyono yang juga alumnus Fakultas Ekonomi UPN tahun 1987, yang membawa bendera UPN Veteran Jogjakarta.

Penerjun lain, Mukri yang juga anggota Denhanud Paskas TNI AU yang membawa bendera Garuda, dan R Yudiana dari POM TNI AU Lanud Adi Sutjipto yang membawa bendera Merah Putih. Setelah mendarat, para penerjun itu kemudian melakukan prosesi penyerahan bendera. Masing-masing kepada Rektor, Wakil Rektor bidang Akademik, serta Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan