Layanan Anestesi Perlu Dievaluasi

 

IMG_20160824_154850

JOGJA (jurnaljogja.com) – Ahli Anestesi dari Fakultas Kedokteran UGM Jogjakarta, dr Djayanti Sari, M.Kes, Sp.An., KAP menilai perlunya evaluasi ulang kualitas pelayanan anestesi dengan lebih baik.
    Menurut dia, tindakan anestesi yang baik dan aman merupakan salah satu aspek penting dari pelayanan anestesi, selain menjadi gambaran dari kualitas pelayanan anestesi yang diberikan. “Perlu indikator klinis yang digunakan untuk evaluasi pelayanan anestesi di kamar operasi secara menyeluruh, yang dapat dibandingkan dan diikuti sepanjang waktu,” katanya dalam promosi doktor di FK UGM, Selasa (23/8).
    Diakui, dalam beberapa bulan terakhir masyarakat sempat diresahkan dengan beberapa kasus kematian pasien di sejumlah rumah sakit Indonesia. Ini karena akibat keselahan dalam pemberian obat anestesi. Kejadian ini mengundang perhatian banyak pihak tentang keselamatan dan kualitas dari tindakan anestesi.
    Dari penelitian Djayanti berhasil menetapkan 18 indikator klinis untuk menilai hasil tindakan anestesi, baik di fase pra operaso, durante operasi dan pasca operasi. Delapan belas indikator klinis itu digunakan untuk menilai kualitas tindakan anestesi terhadap kejadian kematian, nyeri, PONV, desaturasi, dan reintubasi.
    Pengembangan indikator klinis ini, ditekankan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Selanjutnya hasil evaluasi kualitas tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan anestesi di Indonesia.
    Untuk meningkatkan kualitas pelayanan anestesi disarankan pelibatan seluruh civitas rumah sakit dalam implementasi indikator klinis sebagai parameter kualitas pelayanan anestesi.  Menurutnya, penting dilakukan pembekalan sumber daya manusia untuk melakukan anestesi yang baik dan sesuai dengan standar yang digunakan. Sementara bagi rumah sakit diharapkan bisa membuat kebijakan dan melengkapi sarana dan prasarana agar pelayanan anestesi selalu bisa diberikan dengan baik serta sesuai standar anestesi universal. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan