Layanan Posbindu di Pasar Bantul

BANTUL (jurnaljogja) – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) berbasis pasar di Pasar Bantul, DI Jogjakarta, mulai Minggu (10/4).

Posbindu merupakan kegiatan terdiri dari penimbangan berat dan pengukuran tinggi badan, senam hipertensi, pengecekan tekanan darah, pengecekan gula darah dan kolestrol, konsultasi kesehatan. Juga, pemberian asupan nutrisi bagi kalangan pralansia dan lansia di pasar setempat.

“Kegiatan yang kami lakukan merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan bagi pedagang Pasar Bantul. Di pasar ini cukup tinggi pedagang berusia pralansia dan lansianya,“ ungkap Ena Septiningsih, mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) UMY.

Di masing-masing pedukuhan di Bantul, kata Ena, telah memiliki program Posyandu untul pralansia dan lansia. Namun karena kesibukan sebagai pedagang pasar, sehingga masyarakat belum memanfaatkan kegiatan Posyandu tersebut dengan rutin. “Di sini kami memudahkan masyarakat pralansia dan lansia untuk rutin pengecekan kesehatannya di sela-sela kesibukan berdagang. Agar mudah diakses para pedagang maupun pengunjung pasar,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan itu akan dilakukan selama 3 bulan. Merupakan hasil dari Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat, diselenggarakan Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti). Kegiatan ini memperoleh dana hibah dari Dikti, melalui proposal berjudul “L-SAR 118 Layanan Posbindu Berbasis Pasar”. Sebagai upaya peningkatan kesehatan pralansia dan lansia di Pasar Bantul.

Keberlanjutan dari program ini ke depannya akan dibentuk kader kesehatan yang akan dikelola para pedagang pasar tersebut, terkait dengan kegiatan Posbindu. Dan, kegiatan itu diharapkan akan berlangsung rutin. “Ke depan akan membentuk kader kesehatan yang anggotanya merupakan para pedagang. Yang akan mengkoordinasikan ke pedagang-pedagang lainnya untuk rutin melakukan kegiatan Posbindu setiap Minggu,” kata Ena seraya berharap Pasar Bantul nantinya akan menjadi percontohan bagi pasar-pasar lainnya dalam penyelenggaraan kegiatan Posbindu. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan