Lebaran, Basarnas Yogyakarta Siagakan 63 Personel

IMG_20170626_183529
JOGJA (jurnaljogja.com) – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah kali ini, Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta menyiagakan 63 personel guna meningkatkan kesiapsiagaan menjelang arus mudik dan balik pada Lebaran.
     Menurut Plt. Kepala Kantor SAR Yogyakarta, Asbani SH, semua personel akan disiagakan di sejumlah titik yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan tinggi di wilayahnya. “Dengan adanya siaga ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan SAR kepada masyarakat yang ingin melaksanakan mudik dan libur Lebaran di kampung halaman,” katanya di Kantor SAR Yogyakarta, Kamis (22/6/2017).
     Ia sampaikan bahwa dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan pelayaran disiagakan Rigid Inflatable Boat (RIB) 2 unit di Pantai Congot, Kulonprogo.  Sedangkan dalam meningkatkan response time terhadap kecelakaan lakalantas akibat adanya peningkatan arus lalulintas menjelang Lebaran, pihaknyaa mengerahkan satu rescue truck yang dilengkapi berbagai peralatan. Di dalamnya untuk mobile di berbagai tempat, berupa satu rescue car, dua rescue compartement, satu ambulance rescue, dua  truck personil dan dua jetsky.
    Kegiatan siaga SAR pada Lebaran rutin dilaksanakan tiap  tahun, dan kesiapan peralatan serta  tim rescue, disebutnya menjadi salah satu keutamaan dalam penyelenggaraan siaga SAR khusus Lebaran tersebut. Diakui, Kantor SAR Yogyakarta belum memiliki pos, karena itu personelnya bergabung dengan Pos TNI AL di Pantai Congot, Kulonprogo yang setiap harinya disiagakan 3 personil guna mengantisipasi terjadinya laka laut. “Keselamatan adalah hal utama, maka seluruh warga yang sedang melaksanakan mudik diharapkan selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu serta menjaga keselamatan diri,” pesan Asbani.
     Menurutnya, pengerahan empat personil juga dilakukan di Bandara Adisucipto dan pemantauan arus lalulintas dengan melaksanakan posko mobile, mulai  H-7 hingga H+7 Lebaran. Selain itu, siaga personel juga dilakukan di jalur padat lalulintas, seperti di Jalan Magelang dan Jalan Wates. “Kami siaga 24 jam di titik-titik rawan lalulintas,” jelasnya.
    Di daerah wisata pantai juga menjadi prioritas peningkatan layanan SAR. Ini mengingat pada libur Lebaran, kunjungan wisatawan ke pantai meningkat. Sementara di Kantor SAR Yogyakarta sendiri disiagakan 24 personel. “Kami selalu koordinasi dengan petugas yang berjaga di Pantai Sadeng sampai Pantai Glagah,” terangnya. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan