Lebaran, Dishub Kota Jogja Dirikan Posko Aduan Tarif Parkir di Kawasan GL Zoo

IMG_20170615_204239
JOGJA (jurnaljogja.com) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogjakarta bakal dirikan Posko Pengaduan Tarif Parkir di sekitar Gembira Loka Zoo (GL Zoo). Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi ulah parkir liar saat Lebaran di kawasan objek wisata tersebut.
    Kepala Seksi Retribusi Parkir Dishub Kota Yogyakarta, Imanudin Aziz mengakui,  di saat libur Lebaran biasanya para parkir liar memanfaatkan ‘aji mumpung’ dengan menarik tarif parkir hingga Rp 30 ribu untuk mobil dan Rp 75 ribu untuk bus, dan bahkan lebih. “Maka, untuk meminimalisir kejadian-kejadian sebelumnya, pada Lebaran nanti kami akan memantau dan mengawasi dengan mendirikan Pos Statis Pemantuan dan Pengawasan Tarif Parikir, khususnya di kawasan Gembira Loka,” katanya di sela Rapat PAM Lebaran di Mayang Tirta kompleks GL  Zoo, Rabu (14/6/2017).
     Azis mengimbau kepada para penggunjung atau pengemudi bus yang merasa dirugikan oleh ulah oknum parkir tidak resmi tersebut untuk mengadu ke Posko Pengaduan yang akan didirikan di kawasan GL Zoo. Dengan adanya bukti pengaduan dari pengunjung GL Zoo, nantinya akan ditindaklanjuti dengan mengajukan pelaku parkir liar tersebut ke pengadilan, bila mereka tidak bisa dibina.
       Ia juga menjelaskan, selama ini pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin jembatan (lama) Gajah Wong sebagai  area parkir. “Dishub tidak pernah mengeluarkan izin,” tandasnya.
     Menanggapi rencana pendirian Posko Pengaduan tersebut, Manager HRD kebun binatang setempat, Josep Kurniawan mengapresiasi langkah tersebut, dan diharapkan akan mengatasi masalah perparkiran di GL Zoo.
      Menurut Josep, GL Zoo sendiri telah menyediakan lahan parkir sendiri dengan dibantu masyarakat sekitar, dengan tarif resmi Rp 2 ribu untuk sepeda motor, Rp 5 ribu untuk mobil, dan Rp 10 ribu untuk bus wisata. (bam)


 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan