Lebaran, Parkir Liar di GL Zoo Jangan Manfaatkan ‘Aji Mumpung’

glzoo pejabat1

Bambang Sugiharto/jurnaljogja

Direktur Utama GL Zoo KMT. A. Tirtodiprojo (tengah).

JOGJA (jurnaljogja.com) – Setiap liburan panjang seperti masa libur sekolah atau libur Lebaran, Manajemen Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Jogjakarta seringi dikomplain pengunjung terkait dengan mahalnya tarif parkir di kawasan kebun binatang setempat. Untuk itu Direktur Utama GL Zoo,  KMT. A. Tirtodiprojo (Joko) mengimbau agar kantung-kantung parkir yang banyak membuka jasa parkir di kawasan objek wisata ini tidak memanfaatkan ‘aji mumpung’.
“Tiap libur Lebaran banyak pengunjung yang komplain ke kita masalah mahalnya tarif parkir,” kata Joko menjawab pertanyaan pers menjelang liburan  Hari Raya Idul Fitri 1437 H ini di Mayang Tirto kompleks GL Zoo, Senin (4/7).
Menurut dia, hadirnya parkir tidak resmi alias liar di pinggir-pinggir jalan sekitar objek wisata itu a biasa memungut jasa secara maksimal hingga mencapai Rp 5 ribu untuk sepeda motor, Rp 25 ribu untuk mobil, dan Rp 50 ribu atau lebih untuk bus pariwisata. Padahal GL Zoo sudah menyediakan lahan parkir sendiri kerja sama dengan warga sekitar, yaitu di samping kiri-kanan pintu masuk utama sebelah timur. Juga di samping pintu masuk tambahan sebelah barat Jalan Veteran, dengan tarif resmi hanya  Rp 2 ribu untuk sepeda motor, Rp 5 ribu untuk mobil, dan Rp 10 ribu untuk bus pariwisata.  “Kadang warga sekitar kebun binatang ini menggunakan kesempatan ramainya pengunjung dengan mematok tarif parkir secara mahal,” keluhnya.
Joko berharap, pihak Dinas Pehubungan Kota Yogya bisa mengatasi parkir tidak resmi di kantung-kantung pinggir jalan yang mematok tarif mahal tersebut. Mustinya Dishub menindak mereka yang menarik parkir dengan tarif mahal itu. Kalau kami hanya bisa mengimbau jangan ‘aji mumpung’ supaya Yogya tetap kondusif,” katanya.
Bagi pengunjung yang kecewa dengan tarif parkir tidak resmi tersebut disarankan untuk mengadu ke nomor (0274) 410001, 410015. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan