Libur Lebaran, Nihil Pencopetan di GL Zoo

GL zoo

Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja

Pengunjung berwisata di GL Zoo Jogjakarta.

JOGJA (jurnaljogja.com) – Selama liburan Lebaran 2016, Gembira  Loka Zoo (GL Zoo) Jogjakarta berhasil mengantisipasi aksi pencopetan. Terbukti hingga H+8 Lebaran, pihak kebun binatang setempat   tidak menerima laporan dari pengunjung mengenai  aksi kejahatan alias nihil dari pencopetan.
“Aksi kriminal penyiletan tas pengunjung tidak ada laporan. Yang ada hanya  anak terpisah dari orangtuanya dan berhasil kami pertemukan kembali. Juga,  barang tertinggal seperti handphone sudah diambil pemiliknya,” kata Kepala Bagian Keamanan GL Zoo, Winarno, saat dihubungi di Pos Keamanan setempat, Kamis (14/7).
Ia tak menampik jika pada Lebaran sebelum-sebelumnya terjadi kasus pencopetan di tengah keramaian pengunjung. Menurutnya, tidak adanya aksi pencopetan pada  liburan Idul Fitri kali ini, salah satunya kerena diterapkannya plotting dalam sistem pengamanan selama Lebaran. “Di titik-titik rawan keramaian pengunjung, seperti   taman burung, zona reptil & amphibi, serta sekitar kandang harimau kami tempatkan petugas pengamanan,” jelasnya.
Hingga  H+8 Lebaran atau Kamis  kemarin, satu-satunya kebun binatang di Yogyakarta ini masih diramaikan ribuan pengunjung.  Salah seorang pengunjung, Cholifah mengatakan, terakhir kali ke GL Zoo pada tahun 2000-an. “Saat itu saya masih SD. Sekarang saya ke sini bersama rombongan pabrik tekstil  PT Maratex,  Pekalongan,” tutur ibu dua anak itu didampingi suaminya. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan