Lulusan Muallimaat Bangga Jadi Kader Terdidik

mualim

JOGJA – Lulusan Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta harus bangga menjadi kader yang terdidik. Harus mampu berdiaspora, menabur benih kebaikan, di semua lini bangsa ini. Menggelorakan kebersamaan, sekaligus berperan memajukan bangsa tanpa melihat golongan.

“Sebarkan kebaikan untuk memajukan masyarakat. Bangga dan yakinlah, menjadikan matahari makin bersinar di bumi pertiwi ini bahkan hingga ke luar negeri,” pesan Ketua PP Aisyiyah, Dra Hj Shoimah Kastolani, pada penglepasan 126 siswi klas VI (klas XII), Muallimaat Yogyakarta, di Sportorium UMY, Jogjakarta, Minggu (28/4).

Direktur Muallimaat, ustadzah Agustyani Ernawati MPd mengharapkan, Muallimaat memasuki abad keduanya tetap menjadi pusat keunggulan perempuan berkemajuan dan tetap konsern sebagai sekolah kader yang mencetak pemimpin-pemimpin perempuan.

“Semua lulusan Muallimaat diharapkan menjadi kader ulama, pendidik, dan pemimpin yang memiliki kompetensi keilmuan, kepribadian, sosial kemanusiaan, kecakapan, dan gerakan,” tutur Agustyani kemudian.

Kompetensi tersebut, lanjut Agustyani, dapat dicapai siswi melalui pendidikan secara bertahap selama enam tahun di Muallimaat dan harapannya alumni Muallimaat mampu berperan, berkompetisi, dan berdiaspora di ranah nasional maupun internasional.

Pada tahun ini, dari 126 siswi yang berasal dari Riau hingga Maluku itu, kader terbaik diraih oleh Ananda Riana Fauziyah yang berasal dari Jambi. Sebagian besar siswi telah diterima di universitas negeri maupun swasta melalui jalur tes maupun non tes.

Siswi yang diterima melalui jalur SNMPTN yakni di UGM, UIN Syarif Hidayatullah, Unsoed, UNS, UNY, dan Unbraw. Sedangkan melalui jalur SPANPTKIN, diterima di UIN Sunan Kalijaga, UIN Syarif Hidyatullah, UIN Surabaya, UIN Walisongo Semarang, IAIN Surakarta, IAIN Purwokerto, dan IAIN Jember.

Beberapa juga telah diterima di UMY, UAD, Unisa, Poltekes Kemenkes Yogyakarta, UII, Unisula Semarang, Pertanian University, Telkom University, dan Universitas Muhammadiyah Malang. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan