Lulusan UNY Harus Responsif Pada Perubahan

JOGJA – Para terdidik perlu memiliki sejumlah kecakapan supaya tetap survive dan menguasai perubahan. Antara lain kecakapan, Sense Making, Social Intelligence, Novel dan Adaptive Thinking, Cross Cultural Competence, Computational Thinking, New Media Literacy, Transdiciplinarity, Design Mindset, Cognitive Load Management, dan Virtual Collaboration.
“Kecakapan tersebut diharapkan sekali mampu membekali para wisudawan untuk bisa responsif terhadap perubahan. Bahkan mampu menjadi agen perubahan, sehingga kehadirannya memberikan makna tersendiri bagi kehidupan di jamannya,” ujar Rektor UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA, dalam Wisuda Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor periode Februari, di GOR UNY, Sabtu (25/2).
Wisudawan harus yakin dengan ilmu yang dimiliki dapat meningkatkan harkat dan martabat. “Karena itu menjadi kebutuhan kita untuk terus berikhtiar mengamalkan ilmu secara sungguh-sungguh dan sabar, sehingga pada saatnya dapat memperoleh hasil yang kita inginkan,” tegas Rochmat.
Sebaliknya jika menemukan orang terdidik yang kehidupannya kurang berhasil, secepatnya instrospeksi sehingga segera bisa bangkit. “Eksplorasi diri dan potensi untuk dijadikan modal dalam mewujudkan cita-cita, yaitu sukses studi, sukses karir dan sukses hidup,” tutur Rochmat kemudian.
Wisuda ditandai dengan pemindahan kuncir toga oleh Rektor pada peraih nilai tertinggi jenjang S1, Ari Pratiwi SPd dengan IPK 3,92 yang juga peraih beasiswa Bidikmisi. Wisuda diikuti 1.148 orang dengan rincian enam orang lulusan S3, 92 orang S2, 815 orang S1-Kependidikan, 188 orang S1 Non-Kependidikan, dan 47 orang Diploma 3 Non-Kependidikan.
Sebanyak 260 orang meraih predikat cum laude. Nilai tertinggi diraih Dr Iin Purnamasari, IPK 3,94, jenjang S3, program studi  Ilmu Pendidikan; Novi Trilisiana MPd, IPK 3,95, jenjang S2, program studi Teknologi Pembelajaran; Ari Pratiwi SPd penerima beasiswa Bidik Misi, IPK 3,92, jenjang S1, program studi Pendidikan Akuntansi,  dan  Puput Wulandari AMdSek, IPK 3,57, jenjang D3,  program studi Sekretari. (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan