Mahasiswa Thailand Kuliah di FMIPA UNY

 IMG_20170222_025503
JOGJA – Sebanyak enam orang mahasiswa Faculty of Technology and Agriculture, YRU (Yala Rajabhat University) Thailand mengikuti program transfer kredit di FMIPA UNY, pada semester genap ini. Mereka terbagi ke dua Jurusan, masing-masing tiga orang di Jurusan Pendidikan Fisika dan tiga orang di Jurusan Pendidikan Kimia.
Upacara pembukaan program transfer kredit tersebut dilaksanakan di ruang sidang FMIPA UNY, Selasa (14/2) lalu, dihadiri jajaran dekanat, segenap kaprodi, dan mahasiswa. Dari YRU Thailand hadir Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Fakultas Sains, Teknologi, dan Pertanian, YRU, Dr Lilla Adulyasas.
Mahasiswa Yala yang kuliah di prodi Fisika, masing-masing Sawiyah Sahoa, Warusnee Kasor, dan Suhainee Waekachi. Mereka kuliah 12 SKS dengan mata kuliah yang ditempuh, Optika Geometri & Fisis, Elektrodinamika, Fisika Inti, Praktikum Fisika Inti, serta Statistika. Sedangkan yang kuliah di prodi Kimia, masing-masing Tuwaibah Jarong, Panadda Samae, dan Kumaree Dahama.
Lilla menyampaikan, di fakultasnya ada program transfer kredit kerjasama dengan universitas di luar negeri, salah satunya dengan FMIPA UNY. Seperti halnya UNY, di Yala juga ada program ‘sit in’ bagi mahasiswanya untuk menimba ilmu di luar negeri. Selain itu juga ada konferensi.
“Kami juga membuka kesempatan untuk kerjasama di antaranya saling bertukar Guest Lecturer dengan FMIPA UNY serta kerjasama untuk penyelenggaraan workshop,” imbuh Lilla.
Dekan FMIPA UNY, Dr Hartono mengatakan, program transfer kredit merupakan bagian kerjasama UNY dengan Yala Rajabhat University. Kedua fakultas saling bertukar mahasiswa untuk program sit in maupun transfer kredit.
“Selain kerjasama dengan Yala Rajabhat University, FMIPA UNY juga bekerjasama dengan beberapa universitas luar negeri. Ada sembilan mahasiswa kami saat ini sedang menempuh transfer kredit di Prince of Songkla University, Thailand,” jelas Hartono.
FMIPA UNY juga akan menggelar 4th ICRIEMS (4th International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science), pada 15-16 Mei 2017. “Kami mengundang pihak YRU untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut,” tandas Hartono. (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan