Mahasiswa UNDANA Kupang Magang Profesi di GL Zoo

JOGJA (jurnaljogja.com) – Empat mahasiswa  Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjalani magang profesi di Gembira Loka Zoo (GL Zoo)  Jogjakarta, 23 Mei- 11 Juni 2016. Selama tiga pekan di GL Zoo, mereka mempelajari tentang manajemen pakan, kandang dan membantu dokter hewan serta  perawat satwa  di kebun binatang setempat.
“Ini merupkan magang profesi tentang  satwa liar,” kata Marcye Shintyani Noya, salah seorang peserta magang saat ditemui di GL Zoo, Sabtu (11/6).
Sebelum  magang di GL Zoo, keempat dokter muda ini menjalani koas di salah satu klinik dokter hewan di Jakarta selama 2,5 bulan. Di GL Zoo sendiri mereka terjun dan praktik di bagian poliklinik dan karantina, aves dan zona reptil & amphibi. “Kami baru pertamakali ini di Jogjakarta,” aku Marcye.
Dengan magang, mereka merasakan mendapatkan pengetahuan baru, khususnya mengenai satwa liar. “Pengetahuan kami tentang satwa liar masih minim karena di daerah kami tidak ada kebun binatang,” katanya.
Marcye mengakui, baru di GL Zoo ini dilihatnya hewan binturong dan  burung kangkareng yang berparuh bengkok. Selain itu, dirinya juga belum pernah berinteraksi dengan iquana. Setelah magang, nantinya mereka masih harus menjalani  praktek kerja lapangan (PKL) di Kupang dan menempuh ujian komprehensif di kampusnya, sebelum disumpah menjadi dokter hewan. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan