Menpora Apresiasi Keterlibatan Pemuda Pada Waisak 2018

Waisak: Menpora Imam Nahrawi menyampaikan apresiasi pada keterlibatan pemuda pada perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2018, di candi Mendut, Magelang, Selasa (29/5).

Waisak: Menpora Imam Nahrawi menyampaikan apresiasi pada keterlibatan pemuda pada perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2018, di candi Mendut, Magelang, Selasa (29/5).

MAGELANG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan apresiasi khusus kepada tak kurang dari 100 pemuda aktivis agama yang terlibat pada perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2018. Keberadaan para pemuda asal berbagai negara di ASEAN bahkan dunia dan berasal dari berbagai latarbelakang agama itu memberikan pesan kepada dunia tentang toleransi, cinta kasih pada seluruh umat manusia.

“Saya kira, pemerintah maupun kita semua harus memberi ruang luas pada anak-anak muda khususnya para aktivis agama. Mereka harus menjadi garda depan bangsa bagi kuat dan kokohnya dunia. Karena itu pula saya, pemerintah, hadir pada perayaan Tri Suci Waisak ini,” ungkap Imam Nahrawi, di Candi Mendut, Magelang, Selasa (29/5).

Kehadiran para pemuda ASEAN bahkan dunia itu, lanjut Menpora, merupakan momentum penting untuk memberikan pesan kepada dunia tentang toleransi dan cinta kasih pada seluruh umat manusia. “Kita juga patut bersyukur Indonesia diberi karunia besar oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga perayaan maupun seluruh upacara Waisak tahun ini bisa berjalan begitu damai dan indah,” tandas Nahrawi.

Menpora juga mengajak kepada anak-anak muda tersebut untuk selalu menebar kasih di bumi Indonesia. “Sekaligus memberi pesan kepada dunia, jika ingin belajar mengenai perdamaian, belajarlah ke Indonesia. Semua perbedaan, apakah itu ras, agama, dan lain-lain, ada di Indonesia tapi semuanya bisa menjadi satu dengan payung Pancasila,” katanya.

Kehadiran para pemuda ASEAN dan dunia pada Waisak ini sekaligus menjadi bukti nyata bahwa perdamaian, toleransi masih tumbuh subur di bumi Indonesia. “Untuk itu, saya menyatakan terimakasih atas keterlibatan para pemuda pada Waisak tahun ini,” tegas Nahrawi, yang sesaat kemudian juga memberangkatkan secara resmi pawai segenap umat Buddha yang berjalan dari candi Mendut ke candi Borobudur.

Selain menyampaikan apresiasi terhadap keterlibatan pemuda, Menpora Imam Nahrawi juga sempat mengkampanyekan sekaligus meminta dukungan seluruh masyarakat bagi suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang, mulai 18 Agustus mendatang. Permintaan yang sama juga ia kemukakan saat mengunjungi tebing Breksi di Prambanan DIJ, sore harinya

Sambil mengendarai jeep yang memang menjadi salah satu fasilitas wisata di Breksi, Nahrawi didampingi atlet panjat tebing peraih emas pada kejuaraan dunia beberapa waktu lalu, juga membagi-bagikan sejumlah kaos t-shirt kepada warga masyarakat. Semuanya demi suksesnya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan