Menteri BUMN Ajak Milenia Sejahterakan Masyarakat

Balkondes: (ki-ka) Koordinator Pengelola Wisata Tebing Breksi Kholik, Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi, Dirut Telkom Alex J Sinaga, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Kepala Desa Sambirejo Mujimin, dan Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah pada peresmian Balkondes Sambirejo (Tebing Breksi), Sabtu (27/4).

Balkondes: (ki-ka) Koordinator Pengelola Wisata Tebing Breksi Kholik, Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi, Dirut Telkom Alex J Sinaga, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Kepala Desa Sambirejo Mujimin, dan Dirut Telkomsel Ririek Adriansyah pada peresmian Balkondes Sambirejo (Tebing Breksi), Sabtu (27/4).

SLEMAN – Kaum milenia merupakan masa depan bangsa. Karenanya, sejak awal mereka terus didorong agar ikut berperan dalam menyejahterakan masyakarat. Dengan kemampuan penguasaan teknologi terkini, kaum milenia diharapkan mampu menggali potensi masyarakat yang begitu besar.

“Termasuk di desa wisata, di tebing Breksi ini,” ujar menteri BUMN, Rini M Soemarno, saat meresmikan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Sambirejo, Prambanan, Sleman, DIY, Sabtu (27/4) sore, yang terletak di objek wisata Tebing Breksi itu.

Balkondes merupakan salah satu program Kementerian BUMN terutama untuk meningkatkan perekonomian dan profesionalitas masyarakat setempat yang berada di sekitar objek wisata. Untuk Balkondes Sambirejo, Tebing Breksi tersebut kementerian menggandeng Telkom Group.

“Beberapa waktu lalu kami resmikan Balkondes di Borobudur. Waktu itu idenya sederhana. Borobudur telah berabad-abad berdiri, tapi masyarakat sekitar tidak juga sejahtera. Tentu, ada sesuatu yang keliru. Karena itulah kemudian kami dirikan Balkondes,” papar Rini.

Untuk Balkondes di Sambirejo itu, Rini sengaja mengajak kaum milenia untuk terlibat. “Mereka adalah masa depan BUMN. Karena itulah sejak awal saya mendorong keterlibatan kaum milenia. Saya ingin mereka juga mampu berperan dalam menyejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Dirut Telkom Alex J Sinaga mengemukakan, pada pembangunan Balkondes Sambirejo, Telkom Group berkontribusi mengembangkan potensi masyarakat sekitar khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital.

Balkondes akan menjadi sentra kegiatan UMKM desa untuk mengembangkan kerajinan maupun kuliner melalui fasilitas workshop dan galeri. “Balkondes dan seluruh fasilitas yang ada di desa wisata Sambirejo juga kami support dengan Information and Communication Technology sehingga seluruhnya terintegrasi,” ujar Alex.

Dilengkapi pula dengan homestay yang memungkinkan wisatawan dapat menginap dan menikmati lingkungan asri perdesaan dengan suasana di atas bukit. Fasilitas lain, Rumah Joglo, Amphitheatre sebagai panggung kesenian dan pentas budaya, Pergola, Joglo Galery sebagai ruang pertemuan dan galeri, Joglo Limasan sebagai lokasi workshop dan ruang pajang UMKM, Green Garden, serta Resto.

Memiliki luas 2.500 m2, Balkondes Sambirejo ditunjang dengan berbagai layanan berbasis teknologi digital. “Antara lain, sistem pembayaran digital dengan LinkAja untuk parkir, pujasera, sewa mobil Jeep, serta pembayaran penginapan, maupun ruang pertemuan,” jelas Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Balkondes Sambirejo selanjutnya akan dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Karenanya, seluruh pendapatan dari balkondes akan menjadi milik desa dan secara otomatis akan meningkatkan perekonomian di desa Sambirejo. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan