Merti Dusun Tlacap – Grojogan 2016

 IMG_20160831_181822
 Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja
SLEMAN (jurnaljogja.com) – Dusun Tlancap dan Grogogan Desa Pandowoharjo, Sleman-DI Jogjakarta bakal menggelar merti dusun, 3-10 September mendatang. Kegiatan ini selain sebagai bentuk pelestarian dan pengenalan kebudayaan lokal, juga sebagai sarana ungkapan syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan kepada warga kedua dusun setempat.
     Ketua panitia Aditya Noor SN menjelaskan, Merti Dusun Tlacap-Grojogan 2016 diawali dengan doa bersama dan tabur bunga di makam setempat. Sedangkan pada Sabtu, 3 September dilaksanakan kirab merti dusun dari pertigaan Dusun Tlacap menuju halaman SDN Tlacap. Hari berikutnya dimeriahkan lomba mewarnai  bagi anak-anak di halaman SDN Tlacap. Dan selanjutnya dilaksanakan upacara adat tedun di persawahan timur Dusun Tlacap. Juga dipentaskan jatilan, upacara adat wiwit & tari saman SDN Tlacap. “Juga akan ada penanaman pohon gayam dan pohon perindang lainnya di sepanjang aliran Sungai Doso,” jelas, Rabu (31/8).
     Acara ibadat bagi umat Katolik di wilayah ini juga digelar, selain pengajian akbar. Juga dilaksanakan pemilihan Dimas-Diajeng Desa Pandowoharjo pada 9 September nanti. Bersamaan itu dilangsungkan Konser Karawitan Sanggar Sasi Kirana. Malam puncak kesenian dilaksanakan pada Sabtu (10/10) menampilkan pentas dolanan anak, pertunjukan tari, kesenian bregodo, ogah-ogah, ketoprak kolaborasi dan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Bayu Sugati.
   Kades Pandowoharjo, Catur Sarjumiharta berharap, melalui merti dusun ini warganya bisa hidup tenang dan damai. “Even ini sebagai ajang silaturahmi, sehingga warga diharapkan bisa berlangsung tenang dan damai,” katanya.
     Dusun Tlacap-Grojogan terletak di pojok tenggara dari Kecamatan Sleman. Mata pencaharian penduduknya sebagian dari bertani. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan