Muhammadiyah Gelar Pameran Cabang dan Ranting Unggulan

(kanan-kiri) Safar Nashir, Ahmad Norma Permata, dan Isngadi Marwa Atmaja

(kanan-kiri) Safar Nashir, Ahmad Norma Permata, dan Isngadi Marwa Atmaja

JOGJA – Sebagai gerakan, ruh Muhammadiyah selama ini ternyata berada di kiprah PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) maupun PRM (Pimpinan Ranting Muhammadiyah). Potensi ekonomi Cabang dan Ranting ternyata sangat luar biasa. Karenanya, PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah pun menggelar expo ekonomi Cabang dan Ranting unggulan, di PRM Gunung Pring, Muntilan, Magelang, 19-21 Oktober 2018.

“Banyak PCM maupun PRM yang memiliki keunggulan dan expo ini kami gelar sebagai pintu masuk percepatan pengembangan Cabang maupun Ranting,” ungkap ketua pelaksana expo, Safar Nashir, di kantor PP Muhammadiyah, Jogjakarta, Kamis (18/10).

Tak kurang dari 25 Cabang dan 12 Ranting akan mengikuti expo tersebut. “Sangat sedikit, memang, bila dibandingkan jumlah total Cabang dan Ranting yang ada. Tapi, expo kali kedua ini memang tak bisa menghadirkan semuanya. Hanya yang memiliki keunggulan luar biasa saja,” tandas Safar.

Kegiatan yang diprakarsai LPCR (Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting) itu, diharapkan akan menjadi ajang saling tukar pengalaman maupun pengetahuan bagi peserta maupun seluruh pengunjung yang hadir. “Saling tukar produk dan pemasaran juga,” ujar Ketua LPCR, Ahmad Norma Permata seraya mengatakan, expo kali pertama dilangsungkan di Lamongan, Jatim.

Di saat bersamaan dengan penyelenggaraan expo, akan dilangsungkan pula Rakornas LPCR se Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Magelang. “Rakornas terutama untuk mengevaluasi capaian kinerja LPCR Wilayah,” jelas Norma kemudian.

Sekretaris LPCR, Isngadi Marwa Atmaja mengemukakan, akan diberikan pula penghargaan bagi Cabang dan Ranting terbaik. Dengan kriteria antara lain, bagaimana Cabang atau Ranting itu mampu melibatkan anak muda, amal usaha yang kreatif, tertib organisasi, serta seberapa jauh Cabang dan Ranting memiliki program penguatan jamaah. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan