Muhammadiyah Produksi Film “Meniti 20 Hari”

IMG_20170317_025056
JOGJA (jurnaljogja.com) – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) bakal melaunching film berjudul “Meniti 20 Hari” di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (18/3) malam.
     “Film ini 100 persen diproduksi  oleh unsur Muhammadiyah sendiri,” kata Ketua LSBO PP Muhammadiyah, Sukriyanto di Kantor PP Muhammadiyah setempat, Kamis (16/3).
     Film garapan sutradara Arimus Barianto ini rencana akan dilaunching langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. Film petualangan kepanduan Hizbul Wathan (HW) Muhammadiyah  ini bersifat entertain-hiburan. Merupakan fakta sejarah berdasarkan kejadian nyata dimasa lalu. “Film ini mengisahkan petualangan sosok AR Fachruddin muda,” tutur  Sukriyanto.
     Peran AR Fachruddin dalam Muhammadiyah dan Indonesia disebutnya begitu besar. Melalui film ini dikisahkan secuil perjalanan panjang dan luar biasa sosok besar AR Fachruddin dalam dakwahnya dari Kota Palembang ke Kota Medan bersama gerakan kepanduan HW.
      Petualangan regu HW berpakaian seragam (12 personil) bersepeda dari Palembang menuju Medan sejauh 1300 km lebih. Mereka selama 20 hari dengan penuh semangat bersepeda untuk menghadiri Kongres Muhammadiyah ke-28 pada 1939 (sekarang muktamar) yang dipimpin AR Fachrudin muda (Kak Rozak).
     Dikisahkan  perjalanan mereka saat banyak ditemui halang rintang, seperti bertemu harimau, sepeda rusak, anggota regu HW tergelincir, dan ada yang jatuh sakit di perjalanan. Meski demikian regu HW pimpinan Kak Rozak akhirnya sampai di Medan tepat waktu saat Kongres Muhammadiyah ke-28 dimulai. (bam/rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan