O’Chef Mahasiswa UNY Raih Emas Di Taiwan

Emas: Tim O'Chef UNY yang diketuai Intan Lisnawati (kanan) menyabet medali emas IIIC 2017, di Taiwan, akhir November kemarin.

Emas: Tim O’Chef UNY yang diketuai Intan Lisnawati menyabet medali emas IIIC 2017, di Taiwan, akhir November kemarin.

JOGJA – Tim O’Chef UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), yang diketuai Intan Lisnawati mahasiswa Matematika angkatan 2014, beranggotakan Titik Wulandari dan Nana Indri Kurniastuti (Matematika 2014), dan Anjasmoro Adi Nugroho (Pendidikan Teknik Informatika 2014) berhasil menyabet medali emas IIIC (International Innovation and Invention Competition) 2017 yang diselenggarakan Chinese Innovation and Invention Society, Moscow International Inventions and Innovative Technology Salon – ARCHIMEDES – LLC ‘Innov Expo’, Moscow, Russia.

Acara yang berlangsung pada Rabu (29/11) di Ambassador Hotel, Taipei, Taiwan itu memperlombakan karya atau produk yang diikuti oleh 11 negara, seperti Cina, Indonesia, Malaysia, Taiwan, Thailand, Rumania, dan Ukraina.

Intan menuturkan, salah satu kunci keberhasilan tim O’Chef kekompakan dan kerjasama tim yang solid sehingga semua pembagian tugas dan target pengerjaan dapat terselesaikan. Di bawah bimbingan dosen prodi Matematika UNY, Dwi Lestari MSc, Intan dan kawan-kawan mampu menciptakan inovasi baru O’Chef: Cook Helper Application for Enjoyable Modern Living.

Inovasi tersebut merupakan pengembangan aplikasi untuk membantu memudahkan pengguna dalam memasak. Menyediakan fitur pemesanan bahan makanan atau kebutuhan memasak secara online. Terdapat pula kumpulan resep memasak yang mudah dipahami. Aplikasi tersebut ditujukan untuk pengguna atau masyarakat yang dituntut hidup di jaman modern serba instan dan mudah ini.

“Pembuatan aplikasi O’Chef melalui tahapan dan metode pengembangan perangkat lunak RUP, Rational Unified Process. Diharapkan dengan menggunakan metode pengembangan yang sesuai dapat menghasilkan karya yang berkualitas,” tutur Intan kemudian.

Terdapat empat tahapan, Inception, Elaboration, Construction dan Transition. Inception merupakan tahap penggalian informasi kebutuhan pengguna (user requirements) dan pemodelan bisnis. Elaboration, tahap pengolahan informasi yang telah didapat dan perencanaan pengembangan produk. Construction, tahap pengerjaan atau pembuatan sistem. Transition, tahap pengujian sistem yang akan digunakan pengguna. Hasil pengujian nantinya akan dievaluasi dan dilakukan perbaikan sesuai kebutuhan pengguna.

“Senang dapat bekompetisi dan bertemu dengan peserta yang berasal dari luar negeri. Banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan selama di Taiwan. Ini merupakan kali pertama mengikuti kompetisi internasional. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri dapat berkompetisi dan mengharumkan nama UNY dalam kompetisi internasional,” ungkap Intan dibenarkan kawan-kawan setimnya. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan