Olympicad Bentuk Karakter Pelajar Muhammadiyah

Tasman Hamimi (kanan) dan Farid Setiawan

Tasman Hamimi (kanan) dan Farid Setiawan

JOGJA – Kemampuan kognitif bukan satu-satunya aspek yang menjamin keberhasilan seseorang. Kejujuran yang dilambari spiritual yang baik, justru lebih menjamin masa depan seseorang. Karenanya pembentukan karakter secara holistik lebih diperlukan.

“Dalam upaya membentuk karakter yang unggul dilambari spiritual keagamaan yang baik itulah kemudian kami menggelar Olympicad,” ujar Wakil Ketua PWM (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) DIY, Dr Tasman Hamami MA, di kantor PWM setempat, Kamis (3/1).

Olympicad (Olimpiade Ahmad Dahlan) yang digelar Sabtu (5/1) dan melombakan 25 mata lomba itu diperuntukkan untuk siswa tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA, serta untuk para guru dan kepala sekolah, serta lembaga.

“Olympicad tingkat wilayah ini sekaligus sebagai persiapan bagi kami untuk mengikuti Olympicad tingkat nasional yang tahun ini akan dilaksanakan di Jawa Tengah. Kemungkinan di Semarang atau Solo,” tutur Tasman kemudian.

Lomba dua tahunan itu, sebelumnya atau pada 2017 dilaksanakan di Lampung. “Pada waktu itu DIY menduduki peringkat kedua. Peringkat pertama Jawa Timur, ketiga Jawa Tengah, dan keempat tuan rumah lampung,” jelas Tasman.

Ketua Panitia Olympicad DIY, Farid Setiawan MPdI mengemukakan, mata lomba untuk pelajar antara lain, olimpiade mata pelajaran umum, al-Islam dan Kemuhammadiyahan, seni bela diri Tapak Suci, kaligrafi, desain poster, desain website, fotografi, film indie, pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab, hingga robotik.

Bagi guru dan kepala sekolah ada lomba penelitian tindakan kelas dan penelitian tindakan sekolah-madrasah. Sedangkan untuk lembaga, ada lomba majalah sekolah/madrasah. Jumlah peserta secara keseluruhan tercatat 1.546 orang.

“Selain pembukaan di GOR Amongrogo, dilangsungkan pula seminar nasional terkait revolusi industri 4.0 di auditorium Disdikpora DIY. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup pada hari yang sama, Sabtu (5/1), di auditorium Kampus 1 UAD pukul 15.30 WIB,” papar Farid lebih jauh. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan