Parpol Harus Membangun Peradaban

SLEMAN (jurnaljogja) – Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partai politik  harus bisa menampilkan wajah yang membangun peradaban, yaitu wajah yang selalu berpihak atas apa yang dikehendaki atau diinginkan rakyat. Itulah pentingnya pendidikan kader dalam upaya membangun kesadaran kolektif ideologi, sehingga parpol tetap bisa konsisten membangun bangsa dan memperjuangkan rakyat.

Hal tersebut disampaikan dalam pidato pengarahan pada  Pendidikan Kader Pratama DPC PDI Perjuangan, Kota Jogjakarta bertema ‘Membangun Kader Ideologis dan Militan untuk Mewujudkan Tri Sakti berdasarkan Pancasila 1 Juni 1945’ di Wisma Sejahtera III, Sleman, Jumat (1/4).
PDI Perjuangan disebutkan terus aktif mendidik kadernya. Ini dalam upaya kaderisasi guna membangun kesadaran kolektif ideologis. Sehingga partai berlambang banteng moncong putih ini bisa konsisten berwajah kerakyatan. Menurutnya, berdisiplin sebagai kader pelopor sangat penting agar mesin partai berjalan.  “Kaderisasi dan pendidikan kader bisa jadi cara, sekaligus menjadi jawaban bagi PDI Perjuangan  menciptakan kader pemimpin ke depan yang bisa menjadikan wajah partai tidak saja berorientasi pada kekuasaaan,” katanya.

Hasto berharap, dengan pendidikan kader bernuansa kerakyatan, maka akan  bisa menjadi spirit kader mendapatkan inspirasi perjuangan yang sudah dilakukan Bung Karno dalam mendirikan bangsa ini, serta perjuangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang gigih mengorganisir rakyat. ”Kita ingin wujudkan kader yang mampu menjadikan partai sebagai wadah pengorganisiran rakyat, dalam perjuangan ideologi, masih banyak rakyat yang menghadapi kemiskinan, menghadapi penjajahan perekonomian,” katanya. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan